Konsep Dasar Kewirausahaan

Pengertian Kewirausahaan

Banyak pakar bisnis dan ahli manajemen memberikan defenisi tentang kewirausahaan. Memahami arti dari suatu istilah menjadi sangat penting. Dengan mengetahui arti secara harfiah maka semakin mudah memahami maknanya.

Kewirausahaan berasal dari kata Entrepreneur yang telah di Indonesiakan. Kata entrepreneur itu sendiri adalah Bahasa Inggris yang artinya Wiraswastawan. Sejauh ini belum ada pengertian kewirausahaan yang disepakati secara bulat dengan satu pengertian saja. Masing-masing para ahli memberikan definisi yang berbeda-beda. Akan tetapi kalau kita perhatikan dengan seksama ternyata definisi-defenisi tersebut mempunyai makna yang hampir sama yakni entrepreneur merupakan semangat mengelola dan menggunakan sumberdaya untuk menghasilkan suatu output yang mempunyai nilai ekonomi yang menjadi sumber pendapatan pelaku usaha itu sendiri secara pribadi.

Beberapa ahli menggunakan kata entrepreneur, yang lainnya menggunakan kata kewirausahaan dan sebahagian yang lain menyebutkan istilah wiraswastawan. Perbedaan penyebutan istilah ini bukanlah pekara yang sangat penting untuk dijadikan alasan bahwa orang harus menggunakan satu istilah tertentu saja. Dalam buku ini kita akan memakai ketiga-tiga istilah tersebut yang barangkali akan silih berganti dalam berbagai kalimat.

Agar kita mempunyai gambaran yang sama terhadap arti dan pengertian dari ketiga istilah tersebut di atas, maka mari kita lihat definisi masing-masing sebagai berikut:

John J. Kao (1993) dalam buku ‘kewirausahaan’ yang dituliskan oleh Leonardus Saiman mendefinisikan entrepreneurship sebagai berikut: ”Entrepreneurship is the attempt to create value through recognition of business opportunity, the management of risk taking appropriate to the opportunity, and trough the communicative and management skills to mobilize human, financial, and amterial resources necessary to bring a project to fruition”. Kalau di Indonesiakan kira-kira, berkewirausahaan adalah usaha untuk menciptakan nilai melalui pengenalan kesempatan bisnis, menajemen pengambilan resiko yang tepat, dan melalui ketrampilan komunikasi dan manajemen untuk memobilisasi manusia, uang, dan bahan-bahan baku atau sumber daya lain yang diperlukan untuk menghasilkan proyek supaya terlaksana dengan baik.

Pengertian entrepreneurship menurut Robert D. Hisrich et al. (2005) yaitu: “entrepreneurship is the dinamyc process of creating incremental wealth. The wealth created by individuals who assume the major risks in term of equity, time, and/or carrier commitment or provide value for some product or service. The product or service may or may not be new or unique, but value must somehow be infused by the entrepreneur by receiving and locating the necessary skills and reseources”.

Berkewirausahaan merupakan proses dinamis atas penciptaan tambahan kekayaan. Kekayaan yang diciptakan oleh individu yang berani mengambil risiko utama dengan syarat-syarat kewajaran, waktu, dan atau komitmen karier atau penyediaan nilai untuk berbagai barang dan jasa. Produk dan jasa tersebut tidak atau mungkin baru atau unik, tetapi nilai tersebut bagaimana pun juga harus dipompa oleh usahawan dengan penerimaan dan penempatan kebutuhan ketrampilan dan sumber-sumber daya.

Dari pengertian tersebut Robert D. Hisrich et al. (2005) juga memberikan pengertian entrepreneurship dengan melalui tiga pendekatan yakni, pendekatan ekonom, pendekatan psikolog dan pendekatan seorang pebisnis. Secara lebih lengkap sebagai berikut:

  1. Pendekatan ekonom, entrepreneur adalah orang yang membawa sumber-sumber daya, tenaga, material, dan asset-aset lain ke dalam kombinasi yang membuat nilainya lebih tinggi dibandingkan sebelumnya, dan juga seseorang yang memperkenalkan perubahan, inovasi/pembaruan, dan suatu order/tatanan atau tata dunia baru;
  2. Pendekatan psikolog, entrepreneur adalah benar-benar seorang yang digerakan secara khusus oleh kekuatan tertentu kegiatan untuk menghasilkan atau mencapai sesuatu, pada percobaan, pada penyempurnaan, atau mungkin pada wewenang mencari jalan keluar yang lain;
  3. Pendekatan seorang pebisnis (businessman), entrepreneur adalah seorang pebisnis yang muncul sebagai ancaman, pesaing yang agresif, sebaliknya pada pebisnis lain sesama entrepreneur mungkin sebagai mitra/serikat/sekutu, sebuah penawaran, seorang pelanggan, atau seseorang yang menciptakan kekayaan bagi orang lain, juga menemukan jalan yang lebih baik untuk memanfaatkan sumber-sumber daya, mengurangi pemborosan, dan menghasilkan lapangan pekerjaan baru bagi orang lain yang dengan senang hati untuk menjalankannya.

Sekarang mari kita lihat pengertian kewirausahaan. Menurut Intruksi Presiden RI No.4 Tahun 1995 :

”kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku dan kemampuan seseorang dalam  menangani usaha dan atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan, menerapkan cara kerja, teknologi, dan produk baru dengan meningkatkan efesiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik  dan atau  memperoleh  keuntungan yang lebih besar”.

Sedangkan pengertian wiraswasta dapat diartikan; wira = utama, gagah, luhur, berani, teladan dan pejuang. Swa = sendiri. Sta = berdiri dan swasta = berdiri diatas kaki sendiri, atau dengan kata lain berdiri di atas kemampuan dan kamauan diri sendiri. Menurut Soesarsono (1996), wiraswasta memiliki pengertian; sifat-sifat keberanian, keutamaan, dan keteladanan dalam mengambil risiko yang bersumber pada kemampuan sendiri. Istilah wiraswasta sering diberikan pengertian yang sama dengan kewirausahaan dan pada dasarnya memang tidak mempunyai perbedaan secara subtansial meskipun pada penulisannya jelas terdapat perbedaan. Memang, entrepreneurship merupakan istilah yang popular di dunia bisnis AS, Inggris, Prancis dan Kanada, langsung atau tidak langsung mempengaruhi istilah kewirausahaan dan wiraswasta.

Dari beberapa pengertian diatas dapatlah kita lihat ruang lingkup atau batasan-batasan yang terdapat dalam istilah entrepreneur, kewirausahaan dan wiraswasta yang sebenarnya terdapat kesamaan. Unsur-unsur yang dimiliki oleh ketiga istilah tersebut antara lain:

  1. Bahwa kegiatannya meliputi aktivitas usaha, bisnis, perdagangan. (business activity)
  2. Menghasilkan produk baik barang maupun jasa (goods and services production)
  3. Mengelola sumber daya (resources management)
  4. Berani mengambil risiko (risk taking)
  5. Memberikan pelayanan (sevice)
  6. Meningkatkan nilai tambah (value added)
  7. Mempunyai sikap, skill dan kemampuan menjalankan usaha (skill)
  8. Adanya kemauan dari diri sendiri (motivation)

Bisa juga kewirausahaan/entrepreneursip diklasifikasikan kepada tiga bagian yakni:

  1. Kepribadian/sikap
  2. Kejiwaan (mental)
  3. Menguasai ketrampilan (skill)

Maka semakin jelas bahwa pengertian entrepreneur, kewirausahaan, wiraswasta adalah mempunyai kesamaan dan ini tidak perlu diperdebatkan

“Entrepreneur adalah orang yang memaksimalkan peluang-peluang yang ada.” Peter Drucker

MATERI PPT DOWNLOAD DISINI

Baca: Hamdani, 2013. Be Entrepreneur. Cipta Pers

The following two tabs change content below.

Hamdani

Praktisi Bisnis. Konsultan Profesional Bidang Keuangan dan UKM.

40 Replies to “Konsep Dasar Kewirausahaan”

  1. kewirausahaan adalah sebuah proses yang bersifat proaktif , imajinatif dan efektif dalam menangani sebuah usaha atau bisnis yang berupaya untuk mencari,mendapatkan begitu juga menciptakan suatu sumber daya atau produk yang dapat meningkatkan efisiensi kehidupan dan menghasilkan suatu yang menguntungkan bagi individu ataupun kelompok yang telah di tetapkan .




    2



    0
  2. Kewirausahaan adalah sikap,jiwa,dan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat menilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. Seseorang yang memiliki jiwa dan sikap wirausaha selalu tidak puas dengan apa yang telah dicapainya. Dari waktu ke waktu, dari minggu ke minggu selalu mencari peluang untuk meningkatkan usaha dan kehidupannya,karena dengan berkreasi dan berinovasi semua peluang dapat di perolehnya.




    1



    0
  3. Entrepreneur/ kewirausahaan .
    Menciptakan penambahan pemasukan misalnya menambah kekayaan/penghasilan untuk kehidupan. Memaksimalkan atau menciptakan peluang apa saja yang ada. Tentunya tidak semua orang bisa membangun suatu usaha . Hanya orang yang berani mengambil resiko untuk bangkrut , mempunyai skill membujuk atau melayani konsumen dengan baik(menarik) jujur,pejuang,percaya dengan apa yang ia putuskan, pandai mengelola uang,dan bertanggung jawablah yang bisa meraih kekayaan . Karena berbisnis itu memang ada konsekuensinya. Berbisnis itu tidak bisa ditebak berapa penghasilan nya,terkadang banyak terkadang ya sebaliknya. Membangun suatu usaha juga membuka jalan baru untuk para penganggur yang sedang mencari pekerjaan tentunya kita sudah menetapkan kriteria sbg apa saja. Tentunya kita mempunyai keahlian dalam menangani usaha untuk meningkatkan efisiensi dengan cara pelayanan sebaik mungkin misalnya :
    -mudah tersenyum
    -ramah
    -jujur
    -berpenampilan menarik
    Karena itu termasuk agar memperoleh keuntungan lebih besar. Karena uang ada di kantong konsumen, konsumen adalah raja. Jadi kita harus membujuk, memaksimalkan peluang kita agar konsumen membeli jangan lupa melayani nya dengan sepenuh hati ☺️

    “Semakin banyak laku semakin banyak pula keuntungannya!!”




    1



    0
  4. Kewirausahaan berarti semangat mengelola dan menggunakan sumberdaya untuk menghasilkan suatu output yang mempunyai nilai ekonomi yang menjadi sumber pendapatan pelaku usaha.
    Jiwa entreprenueur di dapatkan dengan adanya kemauan dari dari sendiri yang pastinya memiliki sikap, mental, dan skill serta berani mengambil resiko untuk mengelola sumber daya yang ada untuk menghasilkan produk baik barang maupun jasa yang dapat meningkatkan nilai tambah suatu hal yang berguna dan menguntungkan bagi individu atau kelompok tersebut.




    3



    0
  5. Kewirausahaan adalah kemampuan yang ada pada diri kita untuk menciptakan, memberikan, dan meluangkan waktu untuk berfikir, menemukan ide dan memperkenalkannya kepada khalayak orang. Menjadi seorang pebisnis adalah tidaklah muda, manis dan pahit juga kita rasakan ketika kita terjun kedunia pebisnis. Seringkali usaha yang akan kita geluti yaitu dimulai dari hal yang terkecil, dari yang terkecil itulah kita dapat banyak mengerti tentang menjadi seorang pebisnis, apa lagi bagi kita yang masih muda, peluang kita untuk berbisnis sangatlah mudah, sebagian banyak orang berfikir negative dan takut terjun ke dunia bisnis, itu karena apa? Mereka hanya memandang sebelah mata dan tidak ada niat sedikitpun untuk mencobanya.
    Jatuh bangun dalam berbisnis itu sudah pasti kita rasakan, cobalah berfikir positif dan berani untuk mencobanya dari hal yang terkecil hinggq akhirnya menjadi besar. Jadi, beranilah untuk mencobanya dan jangan pernah takut untuk gagal. Berani mencoba karena niat insyaallah akan mendapatkan sesuatu yang baik pula 🙂




    1



    0
  6. Dalam kehidupan sehari-hari, masih banyak oang yang menafsirkan dan memandang bahwa kewirausahaan identik dengan apa yang dimiliki baru dilakukan ‘usahawan” atau “wiraswasta”. Pandangan tersebut tidaklah tepat, karena jiwa dan sikap kewirausahaan (entrepreneurship) tidak hanya dimiliki oleh usahawan akan tetapi dapat dimiliki oleh setiap orang yang berpikir kreatif dan bertindak inovatif baik kalangan usahawan maupun masyarakat umum seperti petani, karyawan, pegawai pemerintahan, mahasiswa, guru, dan pimpinan organisasi lainnyaWirausaha selalu berkomitmen dalam melakukan tugasnya sampai berhasil. Ia tidak setengah-setengah dalam melakukan pekerjaannya. Karena itu, ia selalu tekun, ulet, pantang menyerah sebelum pekerjaannya berhasil. Tindakannya tidak didasari oleh spekulasi melainkan perhitungan yang matang. Ia berani mengambil resiko terhadap pekerjaannya karena sudah diperhitungkan. Oleh sebab itu, wirausaha selalu berani mengambil resiko yang moderat, artinya resiko yang diambil tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah. Keberanian menghadapi resiko yang didukung oleh komitmen yang kuat, mendorong wirausaha untuk terus berjuang mencari peluang sampai memperoleh hasil yang sangat baik dan memuaskan.




    1



    0
  7. Istilah kewirausahaan atau sering disebut wiraswasta, merupakan terjemahan dari istilah entrepreneurship.
    Gabungan antara kewira dan usahaan bernakna berdiri menurut kekuatan sendiri. Jadi yang dimaksud dengan wiraswasta adalah mewujudkan aspirasi kehidupan mandiri dengan landasan keyakinan dan watak yang luhur.

    Kewirausahaan dicirikan dengan :

    – Mempunyai kepribadian yang berani, tanda manusia yang berkepribadian berani adalah memiliki moral yang tinggi. Manusia yang bermoral tinggi bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

    – Memiliki sikap mental wirausaha, manusia yang bermental wiraswasta memiliki kemauan keras atau tekad untuk mencapai tujuan dan kebutuhan hidupnya.

    – Memiliki kepekaan terhadap arti lingkungan, artinya manusia yang berjiwa wirausaha harus bisa mengenal lingkungannya, karena dengan ini manusia akan dapat mendayagunakan lingkungan secara efisien bagi kepentingannya.

    – Memiliki ketrampilan wiraswasta, untuk dapat menjadi manusia wiraswasta diperlukan beberapa ketrampilan seperti : ketrampilan berfikir kreatif atau seni, ketrampilan dalam bergaul sesama manusia.

    Jadi, menurut saya, misalnya kewirausahaan adalah kemampuan Brance manager dalam mewujudkan aspirasi kehidupan mandiri yang dicirikan dengan kepribadian kuat, bermental wirausaha.
    Sedangkan jika ingin sukses dalam mengembangkan program kewirausahaan di kampusnya, maka Brance manager, tenaga kependidikan baik staff maupun non staff dan peserta didik harus bisa secara bersama memahami dan mengembangkan sikap kewirausahaan sesuai dengan tugas masing-masing.

    #sekian




    1



    0
  8. Kewirausahaan atau entrepreneur yang berarti wiraswastawan.entrepreneur merupakan semangat mengelola dan menggunakan sumberdaya untuk menghasilkan suatu output yang mempunyai nilai ekonomi yang menjadi sumber pendapatan pelaku usaha itu sendiri secara pribadi.
    Kewirausahaan usaha untuk menciptakan nilai melalui bisnis, keterampilan komunikasi dan proses dinamis penciptaan tambahan kekakyaan yg di ciptakan individu yang berani mengambil resiko atau komitmen karir untu barang dan jasa. Seorang kewirausahaan berani berdiri di atas kemampuan dan atas kemauan diri sendiri yang memiliki skill kemampuan dalam berbisnis.dengan kemampuan dan kemauan kewirausahaaan yang berkembang mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain. Dan memberikan pelayanan yang baik serta meningkatkan nilai tambah.




    1



    0
  9. kewirausahaan adalah usaha untuk menciptakan suatu kesempatan atau peluang untuk bisnis,karena seorang kewirausahaan harus memiliki sifat keyakinan,kemandirian dan selalu berusaha, berani mengambil resiko dan harus sangat menciptakan ,menerapkan cara kerja dan harus meningkatkan efisiensi dalam rangka memberi pelayanan yang terbaik,memperoleh keuntungan yang lebih besar .Seorang pembisnis harus mempunyai kemampuan atau kemauan diri sendiri .Untuk mendapatkan tujuan yang di harapkan maka setiap orang memerlukan ciri-ciri dan juga sifat-sifat dalam kewirausahaan seperti :
    Percaya diri
    Berani mengambil resiko
    Beroreantasi ke masa depan
    Jujur dan tekun.




    1



    0
  10. Wirausahaan/Enterpraneur adalah suatu proses yang dilalui oleh seseorang yang bertujuan untuk mengajar peluang atau kesempatan yang akan di gunakan memenuhi kebutuhan hidup melalui suatu inovasi, tampa memperhatikan sumber daya tang mereka atur, namun sisi lain sebagai definisi yang sangat penting biasa mengatur strategai cara melayani konsumen agar orang yang membeli suatu barang dengan harga pasti, meskipun orang iru belum mengetahui berapa guna ekonomisnya akan di jual. Dalam proses wirausaha juga harus memiliki kemampuan dalam mendirikan, mengatur, mengembangkan dan melambangkan perusahaaan yang di miliki, adapun cara dalam melakukan suatu bisnis juga harus memiliki suatu strategi yang efesien untuk megelola faktor-faktor produk seperi alam, tenag kerja, modal dan skill.Seseorang yang mempunyai motif deorongan atau kekuatan yang berasal dari dalam diri seseorang untuk mencapai suatu tujuan, suka megadaka percobaan eksperiman dalam menampilkan kebebasandirinyan diluar kekuasaan orang lain.




    1



    0
  11. Seorang pebisnis harus lebih tau tentang bisnis yang ia jalankan, didalam ilmu wirausaha mengajarkan kita dalam membuat suatu usaha yang mana usaha tersebut akan memperoleh keuntungan yang sangat besar, dalam ilmu wirausaha mengajarkan tentang cara menarik minat custumer/pembeli, melayani custumer, membuat custumer dapat membeli produk yang kita pasarkan, dan menganalisis suatu pasar… pebisnis juga harus lebih aktif, karna pebisnis yang tidak aktif maka usahanya tidak akan pernah sukses atau mendapat keuntungan.




    1



    0
  12. Seorang wirausaha harus mempunyai kemauan dan niat. Segala perbuatan yang tidak diawali dengan niat cenderung tidak serius dan tidak fokus pada arah tujuan, karna tanpa ada niat tujuan pun tidak ada.
    Menjadi wirausaha juga harus mempunyai jiwa yang berani, berani mengambil resiko kalau seandainya usahanya gagal, mendapat kendala-kendala disaat usaha sedang berjalan serta kondisi-kondisi tertentu didalam perusahaannya.
    Selain berani mengambil resiko seorang wirausaha juga harus pekerja keras, karna berani saja tanpa disertai dengan kerja keras juga cenderung gagal. Kemudian informasi juga sangat penting dalam menjalankan suatu usaha serta kerja cerdas juga sangat diperlukan.
    Otot saja tidak cukup karna otot dan otak harus dikombinasikan untuk menghasilkan satu kolaborasi strategi yang unggul untuk mencapai tujuan. Kemudian terus lah belajar dan belajar untuk terus menjadi seorang wirausaha yang makin cerdas di kemudian hari.




    1



    0
  13. Wirausahawan(entrepreneur)adalah:
    Orang yang berani mengambil resiko untuk membuka usaha dalam berbagai kesempatan,berani mengambil resiko artinya bermental mandiri.Berani memulai usaha,tanpa diliputi rasa takut atau cemas sekalipun dalam kondisi tidak pasti.
    Selain itu:
    Seorang wirausahawan juga harus memiliki keterampilan untuk mengelola orang lain,memiliki kemampuan kepemimpinan yang baik sehingga dapat mengelola dan mengarahkan orang lain .




    1



    0
  14. Enterpreneur atau kewirausahaan merupakan suatu kegiatan yang di lakukan oleh seseorang dalam mengelolah dan menggunakan serta memanfaatkan sumberdaya yang tujuannya adalah untuk menghasilkan sesuatu yang memiliki nilai ekonomi yang dapat menambah penghasilan pendapatan dan juga tentunya menambah kekayaan bagi diri sendiri. Berkewirausahaan merupakan suatu proses yang dinamis yang diciptakan oleh individu yang berani mengambi resiko besar serta siap dengan segala tantangan yang ada, individu yang berani untuk jatuh bangun dalam merintis usaha yang dirintis dari nol sampai pada akhirnya sukses di kemudian hari, individu yang mempunyai semangat juang yang tinggi dan memiliki sikap mental yang tangguh dan selalu befikir positif dan berkomitmen serta bertanggung jawab atas keputusan yang telah di pilih. dalam berkewirausahaan seorang pebisnis harus pandai dalam melihat peluang yang ada serta melakukan pendekatan ekonomi pasar yang tujuannya untuk mengetahui tentang apa – apa saja yang saat ini sedang di butuhkan oleh masyarakat dan yang banyak di minati oleh masyarakat serta seorang pebisnis harus pintar dalam memilih tempat yang strategis untuk berwirausaha. Seorang pebisnis harus memiliki statejik dan pengetahuan yang mempuni dan juga memiliki pemikiran yang kriatif dan berinesiatif yang tinggi dalam menciptakan produk barang dan jasa yang terbaru, unik, langkah dan juga memiliki harga yang sesuai dengan pendapatan masyarakat. tujuan daripada enterpreneur adalah merupakan salah satu langkah yang baik untuk memberikan peluang kerja bagi pengangguran dan juga dengan semakin bertambahnya serta berkembangnya jumlah pebisnis di suatu negara bukan tidak mungkin dapat membantu mengurangi jumlah pengangguran yang ada di negara tersebut, yang terpenting adalah kembali kepada pribadi masing -masing dalam mengambil keputusan yang mana yang akan di pilih.




    1



    0
  15. Kewirausahaan adalah semangat , sikap , perilaku dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau mendirikan usaha yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan serta mengembangkan produk baru yang kita buat dengan meningkatkan efisiensi kerja, dan dapat menciptakan lowongan pekerjaan bagi masyarakat. dengan tujuan mendapatkan keuntungan yang lebih besar




    1



    0
  16. Tentunya tidak semua orang bisa membangun suatu usaha . Hanya orang yang berani mengambil resiko untuk ,Karena berbisnis itu memang ada konsekuensinya. Berbisnis itu tidak bisa ditebak berapa penghasilan nya,terkadang banyak terkadang ya sebaliknya. Membangun suatu usaha juga membuka jalan baru untuk para penganggur yang sedang mencari pekerjaan . Jiwa entreprenueur di dapatkan dengan adanya kemauan dari dari sendiri yang pastinya memiliki sikap, mental, dan skill serta berani mengambil resiko untuk mengelola sumber daya yang ada untuk menghasilkan produk baik barang maupun jasa.
    Dalam kehidupan sehari-hari, masih banyak oang yang menafsirkan dan memandang bahwa kewirausahaan identik dengan apa yang dimiliki baru dilakukan ‘usahawan” atau “wiraswasta”. Pandangan tersebut tidaklah tepat, karena jiwa dan sikap kewirausahaan (entrepreneurship) tidak hanya dimiliki oleh usahawan akan tetapi dapat dimiliki oleh setiap orang yang berpikir kreatif dan bertindak inovatif




    2



    0
  17. Enterpraneur adalah suatu proses yang dilalui oleh seseorang yang bertujuan untuk mengajar peluang atau kesempatan yang akan di gunakan memenuhi kebutuhan hidup melalui suatu inovasi, tampa memperhatikan sumber daya tang mereka atur, namun sisi lain sebagai definisi yang sangat penting biasa mengatur strategai cara melayani konsumen agar orang yang membeli suatu barang dengan harga pasti, Selain berani mengambil resiko seorang wirausaha juga harus pekerja keras, karna berani saja tanpa disertai dengan kerja keras juga cenderung gagal. Kemudian informasi juga sangat penting dalam menjalankan suatu usaha serta kerja cerdas juga sangat diperlukan.
    tujuan daripada enterpreneur adalah merupakan salah satu langkah yang baik untuk memberikan peluang kerja bagi pengangguran dan juga dengan semakin bertambahnya serta berkembangnya jumlah pebisnis di suatu negara bukan tidak mungkin dapat membantu mengurangi jumlah pengangguran yang ada di negara tersebut
    Seorang kewirausahaan berani berdiri di atas kemampuan dan atas kemauan diri sendiri yang memiliki skill kemampuan dalam berbisnis.dengan kemampuan dan kemauan kewirausahaaan yang berkembang mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain




    1



    0
  18. Tentunya tidak semua orang bisa membangun suatu usaha . Hanya orang yang berani mengambil resiko untuk ,Karena berbisnis itu memang ada konsekuensinya. Berbisnis itu tidak bisa ditebak berapa penghasilan nya,terkadang banyak terkadang ya sebaliknya. Membangun suatu usaha juga membuka jalan baru untuk para penganggur yang sedang mencari pekerjaan . Jiwa entreprenueur di dapatkan dengan adanya kemauan dari dari sendiri yang pastinya memiliki sikap, mental, dan skill serta berani mengambil resiko untuk mengelola sumber daya yang ada untuk menghasilkan produk baik barang maupun jasa.
    Dalam kehidupan sehari-hari, masih banyak oang yang menafsirkan dan memandang bahwa kewirausahaan identik dengan apa yang dimiliki baru dilakukan ‘usahawan” atau “wiraswasta”. Pandangan tersebut tidaklah tepat, karena jiwa dan sikap kewirausahaan (entrepreneurship) tidak hanya dimiliki oleh usahawan akan tetapi dapat dimiliki oleh setiap orang yang berpikir kreatif dan bertindak inovatif




    1



    0
  19. Entrepreneur/ kewirausahaan merupakan suatu kemauan dan kempampuan nyata seorang individu yang tentunya berasal dari diri sendiri guna untuk menciptakan peluang ekonomi baru. Dengan adanya semangat, sikap dan kemampuan untuk menciptakan atau mengelola sesuatu yang baru dan sesuatu yang memiliki nilai ekonomi yang dapat menambah pemasukan pendapatan dan juga untuk menjadi sumber penghasilan pelaku ekonomi tersebut. Dalam hal ini semangat sangatlah diperlukan agar kita tidak hanya siap menerima resiko namun juga berani mengambil resiko, banyak orang yang takut memulai karna tidak bersungguh-sungguh dan juga tidak adanya rasa percaya diri dan pemikiran yang positif untuk memulai, karena itu kepercayaan diri dan pemikiran positif juga sangatlah diperlukan dalam berwirausaha. Kemampuan tanpa adanya kemauan tidak akan menghasilkan apapun begitu pula sebaliknya. Pada dasarnya setiap orang dapat berwirausaha dengan memulai segala sesuatunya dari kecil yang awalnya hanya mampu mempekerjakan diri sendiri sampai akhirnya mampu membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain. Pada intinya tidak ada salahnya untuk mencoba hal baru yang akan berguna bagi kita nantinya, karena itu mulailah untuk berpikir terbuka terhadap apapun yang dirasa sulit atau mustahil. Terima Kasih




    2



    0
  20. Dari beberapa pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa pengertian kewirausahaan adalah sebuah proses mengkreasikan dengan menambahkan nilai sesuatu yang dicapai melalui usaha keras dan waktu yang tepat dengan memperkirakan dana pendukung, fisik, resiko sosial, dan akan menerima reward berupa keuangan dan kepuasan serta kemandirian personal




    0



    0
  21. pengertian wiraswasta dapat diartikan; wira = utama, gagah, luhur, berani, teladan dan pejuang. Swa = sendiri. Sta = berdiri dan swasta = berdiri diatas kaki sendiri, atau dengan kata lain berdiri di atas kemampuan dan kamauan diri sendiri. Menurut Soesarsono (1996), wiraswasta memiliki pengertian; sifat-sifat keberanian, keutamaan, dan keteladanan dalam mengambil risiko yang bersumber pada kemampuan sendiri. Istilah wiraswasta sering diberikan pengertian yang sama dengan kewirausahaan dan pada dasarnya memang tidak mempunyai perbedaan secara subtansial meskipun pada penulisannya jelas terdapat perbedaan.
    Kewirausahaan adalah sebuah proses seseorang dalam mengejar peluang yang ada untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Peluang tersebut diwujudkan dalam bentuk inovasi dengan memanfaatkan berbagai sumber daya yang ada. Kewirausahaan merupakan proses yang dinamis, yakni menciptakan sesuatu dengan menggunakan waktu dan kegiatan disertai modal, jasa dan tentunya resiko.

    Seperti yang telah dibahas sebelumnya, kewirausahaan dapat membantu sebuah negara untuk berkembang secara ekonomi. Selain mengurangi jumlah pengangguran, kewirausahaan juga dapat meningkatkan jumlah pendapatan pajak negara. Dengan adanya kewirausahaan, masyarakat juga dapat menjadi lebih mandiri, tidak lagi tergantung pada gaji yang dibayarkan oleh negara.




    1



    0
  22. kewirausahaan adalah suatu proses dalam mengerjakan sesuatu yang baru atau kreatif dan berbeda (inovatif) yang bermanfaat dalam memberikan nilai lebih.
    kewirausahaan adalah suatu keberanian untuk melakukan upaya upaya memenuhi kebutuhan hidup yang dilakukan oleh seseorang.

    pengertian wirausaha sederhananya adalah orang yang menjalankan wirausaha itu sendiri. Berikut tiga ahli yang memberikan tanggapan tentang apa pengertian wirausaha atau entrepreneur itu.
    Wirausaha atau enterpreneur adalah orang yang memiliki kemampuan melihat dan menilai kesempatan kesempatan bisnis mengumpulkan sumber sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan daripadanya serta mengambil tindakan yang tepat, guna memastikan kesuksesan (Geoffrey G. Meredit et ak, 1995)
    Enterpreneur atau wirausaha adalah seseorang yang mengambil risiko yang diperlukan untuk mengorganisasikan dan mengelola suatu bisnis menerima imbalan jasa berupa profit nonfinancial (Skinner, 1992).
    Wirausaha atau entrepreneur adalah orang yang memiliki kemampuan untuk melakukan koordinasi, organisasi dan pengawasan. Wirausaha memiliki pengetahuan yang luas tentang lingkungan dan membuat keputusan keputusan tentang lingkungan usaha, mengelola sejumlah modal dan menghadapi ketidakpastian untuk meraih keuntungan (Say, 1996).




    0



    0
  23. kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha dan atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan, menerapkan cara kerja, teknologi, dan produk baru dengan meningkatkan efesiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yang lebih besar”.
    Sedangkan pengertian wiraswasta dapat diartikan; wira = utama, gagah, luhur, berani, teladan dan pejuang. Swa = sendiri. Sta = berdiri dan swasta = berdiri diatas kaki sendiri, atau dengan kata lain berdiri di atas kemampuan dan kamauan diri sendiri.
    kesimpulan nya , kewiraushaan secara umum adalah suatu proses dalam mengerjakan sesuatu yang baru atau kreatif dan berbeda yang bermanfaat dalam memberikan nilai lebih .
    tujuan berwirausaha :
    => berusaha dan tekad dalam meningkatkan jmlah para wirausaha yang baik dan ikut serta dalam mengader manusia calon wirausaha utk membangun jaringan bisnis yang lebih baik , dan mengembangkan dalam inovasi dan kreasi agar tercipta dinamika dlm kewirausaan atau dunia bisnis sehingga kemakmuran dapat tercapai .




    0



    0
  24. Kewirausahaan berasal dari kata Entrepreneur.kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha dan atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan, menerapkan cara kerja, teknologi, dan produk baru dengan meningkatkan efesiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yang lebih besar”.
    Sedangkan pengertian wiraswasta dapat diartikan; wira = utama, gagah, luhur, berani, teladan dan pejuang. Swa = sendiri. Sta = berdiri dan swasta = berdiri diatas kaki sendiri, atau dengan kata lain berdiri di atas kemampuan dan kamauan diri sendiri.
    istilah entrepreneur, kewirausahaan dan wiraswasta yang sebenarnya terdapat kesamaan. Unsur-unsur yang dimiliki oleh ketiga istilah tersebut antara lain:
    1.Kepribadian/sikap
    2.Kejiwaan (mental)
    3.Menguasai ketrampilan (skill)
    Maka semakin jelas bahwa pengertian entrepreneur, kewirausahaan, wiraswasta adalah mempunyai kesamaan dan ini tidak perlu diperdebatkan




    0



    0
  25. Kewirausahaan berasal dari kata Entrepreneur.kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha dan atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan, menerapkan cara kerja, teknologi, dan produk baru dengan meningkatkan efesiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yang lebih besar”.
    Sedangkan pengertian wiraswasta dapat diartikan; wira = utama, gagah, luhur, berani, teladan dan pejuang. Swa = sendiri. Sta = berdiri dan swasta = berdiri diatas kaki sendiri, atau dengan kata lain berdiri di atas kemampuan dan kamauan diri sendiri.
    istilah entrepreneur, kewirausahaan dan wiraswasta yang sebenarnya terdapat kesamaan. Unsur-unsur yang dimiliki oleh ketiga istilah tersebut antara lain:
    1.Kepribadian/sikap
    2.Kejiwaan (mental)
    3.Menguasai ketrampilan (skill)
    Maka semakin jelas bahwa pengertian entrepreneur, kewirausahaan, wiraswasta adalah mempunyai kesamaan dan ini tidak perlu diperdebatkan




    0



    0
  26. Interpreuner atau sering di kenal dengan nama kewirausahaan adalah suatu usaha yang di geluti oleh seseorang atau sekelompok orang untuk meraih penghasilan demi memenuhi kebutuhan hidup nya…
    Manusia tidak terlepas dari yang nama nya transaksi. Jual beli… Dan untuk menjadi seorang wirausaha harus memiliki keberanian untuk melakukan upaya2 memenuhi kebutuhan hidup yang dilakukan oleh seseorang, atas dasar kemampuan dengan cara manfaatkan segala potensi yg dimiliki untuk menghasilkan sesuatu produk yang bisa bermanfaat bagi diri kita dan orang lain.
    Dalam menciptakan sebuah usaha harus memiliki proses mempersepsikan, menciptakan, dan mengejar peluang ekonomi…
    Dan tidak terlepas juga usaha kreatif yang dibangun berdasarkan inovasi untuk menghasilkan sesuatu yang baru, memiliki nilai tambah, memberi manfaat, menciptakan lapangan kerja dan hasilnya dapat berguna untuk orang lain juga… 😊😊😊😊




    0



    0
  27. Nama : Ayyahul Hakkhi
    Kelas : IK-082

    Tugas Smart Entrepreneur Dengan Judul “Review Konsep Dasar Kewirausahaan”.

    Bagi saya pribadi konsep dasar kewirausahaan adalah suatu aspek yang wajib diketahui oleh setiap orang yang mempunyai keinginan untuk menjadi seorang Entrepreneurship atau Wirausahawan. Karena ibarat seseorang yang hendak berwisata ke suatu tempat yang belum pernah dikunjungi, maka alangkah bijaknya bila orang tersebut terlebih dahulu mempelajari dasar-dasar tentang apa yang berlaku di daerah tersebut. Sehingga datang tidak hanya dengan bermodal keinginan dan nekat semata, namun juga mempunyai suatu alasan yang jelas mengapa seseorang tersebut merasa perlu mengunjungi daerah itu.
    Begitu pula halnya dengan hal yang berkaitan dengan Entrepreneur itu sendiri. Seseorang yang hendak berwirausaha haruslah mempunyai perencanaan yang matang yang didasari oleh pengetahuan-pengetahuan dasar atau menengah tentang dunia kewirausahaan. Sebelum memutuskan untuk menjadi seorang wirausahawan ia tentunya terlebih dahulu harus tahu tentang apa itu kewirausahaan? Mengapa ia ingin menjadi seorang entrepreneur? Apa keunggulan yang dimiliki oleh seorang entrepreneu? Mengapa lebih baik menjadi seorang entrepreneur? Dan banyak lagi pertanyaan-pertanyaan dasar yang haruslah terlebih dahulu dipelajari dan dipahami dengan seksama olehnya.
    Berwirausaha sendiri menjadi suatu hal yang sangat menarik di masa sekarang ini. Mengingat meningkatkannya jumlah tenaga kerja yang tidak berbanding lurus dengan ketersediaan dunia kerja itu sendiri. Maka seseorang yang cerdas haruslah mampu bertahan di tengah persaingan ketat dunia kerja seperti sekarang ini. Nah, salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan mencoba merintis usaha mandiri atau menjadi seorang entrepreneurship.
    Berwirausaha sangat banyak manfaatnya bila dapat dilakukan dengan baik dan tepat, bayangkan saja, tidak hanya bekerja untuk memenuhi kebutuhan ekonomi diri sendiri namun juga secara tidak langsung telah membuka lapangan pekerjaan baru bagi orang-orang yang membutuhkan pekerjaan tersebut.
    Selain itu, menjadi boss di perusahaan sendiri juga berarti mempunyai peraturan yang menjadi kelebihan seorang entrepreneur karena ia dapat menentukan sendiri aturan di tempat kerja atau perusahaannya.
    Pada dasarnya entrepreneur itu sendiri adalah seorang yang mampu tidak hanya bekerja namun juga mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain. Seorang entrepreneur haruslah mampu berpikir cerdas dalam memahami dan menganaisa potensi dan perkembangan dunia kerja dengan baik dan benar.
    Tidak hanya itu seorang entrepreneur juga haruslah mempunyai pola pikir yang selalu positif dan pantang menyerah sampai akhirnya bisa mendapatkan apa yang menjadi cita-cita dan tujuan bisnis yang telah ia bangun.

    Kata wirausaha memiliki makna sebagai sebuah usaha atau bisnis yang dijalankan secara mandiri atau dengan kata lain berdiri sendiri, bukan bergantung pada pihak lain.

    Entrepreneur atau wirausawan adalah orang-orang yang membawa sumber-sumber daya, tenaga, material, dan asset-aset lain ke dalam kombinasi yang membuat nilainya lebih tinggi dibandingkan sebelumnya, dan juga seseorang yang memperkenalkan perubahan, inovasi/pembaruan, dan suatu order/tatanan atau tata dunia baru.

    Unsur-unsur yang meliputi entrepreneur atau kewirausahaan adalah sebagai berikut, :
    1) Bahwa kegiatannya meliputi aktivitas usaha, bisnis, perdagangan. (business activity)
    2) Menghasilkan produk baik barang maupun jasa (goods and services production)
    3) Mengelola sumber daya (resources management)
    4) Berani mengambil risiko (risk taking)
    5) Memberikan pelayanan (sevice)
    6) Meningkatkan nilai tambah (value added)
    7) Mempunyai sikap, skill dan kemampuan menjalankan usaha (skill)
    8) Adanya kemauan dari diri sendiri (motivation)

    Demikian pandangan saya terhadap materi perkuliahan Smart Entrepreneurship dengan judul pembahasan Konsep Dasar Kewirausahaan, setelah sekilas membaca tentang Konsep Dasar Kewirausahaan dalam mata kuliah Smart Entrepreneurship.




    0



    0
  28. Nama : Ayyahul Hakkhi
    Kelas : IK-082

    Tugas Smart Entrepreneur Dengan Judul “Review Konsep Dasar Kewirausahaan”.

    Bagi saya pribadi konsep dasar kewirausahaan adalah suatu aspek yang wajib diketahui oleh setiap orang yang mempunyai keinginan untuk menjadi seorang Entrepreneurship atau Wirausahawan. Karena ibarat seseorang yang hendak berwisata ke suatu tempat yang belum pernah dikunjungi, maka alangkah bijaknya bila orang tersebut terlebih dahulu mempelajari dasar-dasar tentang apa yang berlaku di daerah tersebut. Sehingga datang tidak hanya dengan bermodal keinginan dan nekat semata, namun juga mempunyai suatu alasan yang jelas mengapa seseorang tersebut merasa perlu mengunjungi daerah itu.
    Begitu pula halnya dengan hal yang berkaitan dengan Entrepreneur itu sendiri. Seseorang yang hendak berwirausaha haruslah mempunyai perencanaan yang matang yang didasari oleh pengetahuan-pengetahuan dasar atau menengah tentang dunia kewirausahaan. Sebelum memutuskan untuk menjadi seorang wirausahawan ia tentunya terlebih dahulu harus tahu tentang apa itu kewirausahaan? Mengapa ia ingin menjadi seorang entrepreneur? Apa keunggulan yang dimiliki oleh seorang entrepreneu? Mengapa lebih baik menjadi seorang entrepreneur? Dan banyak lagi pertanyaan-pertanyaan dasar yang haruslah terlebih dahulu dipelajari dan dipahami dengan seksama olehnya.
    Berwirausaha sendiri menjadi suatu hal yang sangat menarik di masa sekarang ini. Mengingat meningkatkannya jumlah tenaga kerja yang tidak berbanding lurus dengan ketersediaan dunia kerja itu sendiri. Maka seseorang yang cerdas haruslah mampu bertahan di tengah persaingan ketat dunia kerja seperti sekarang ini. Nah, salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan mencoba merintis usaha mandiri atau menjadi seorang entrepreneurship.
    Berwirausaha sangat banyak manfaatnya bila dapat dilakukan dengan baik dan tepat, bayangkan saja, tidak hanya bekerja untuk memenuhi kebutuhan ekonomi diri sendiri namun juga secara tidak langsung telah membuka lapangan pekerjaan baru bagi orang-orang yang membutuhkan pekerjaan tersebut.
    Selain itu, menjadi boss di perusahaan sendiri juga berarti mempunyai peraturan yang menjadi kelebihan seorang entrepreneur karena ia dapat menentukan sendiri aturan di tempat kerja atau perusahaannya.
    Pada dasarnya entrepreneur itu sendiri adalah seorang yang mampu tidak hanya bekerja namun juga mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain. Seorang entrepreneur haruslah mampu berpikir cerdas dalam memahami dan menganalisa potensi dan perkembangan dunia kerja dengan baik dan benar, serta mampu memaksimalkan segala peluang yang ada.
    Tidak hanya itu, seorang entrepreneur juga haruslah mempunyai pola pikir yang selalu positif dan pantang menyerah sampai akhirnya bisa mendapatkan apa yang menjadi cita-cita dan tujuan bisnis yang telah ia bangun.

    Kata wirausaha memiliki makna sebagai sebuah usaha atau bisnis yang dijalankan secara mandiri atau dengan kata lain berdiri sendiri, bukan bergantung pada pihak lain.

    Entrepreneur atau wirausawan adalah orang-orang yang membawa sumber-sumber daya, tenaga, material, dan asset-aset lain ke dalam kombinasi yang membuat nilainya lebih tinggi dibandingkan sebelumnya, dan juga seseorang yang memperkenalkan perubahan, inovasi/pembaruan, dan suatu order/tatanan atau tata dunia baru.

    Unsur-unsur yang meliputi entrepreneur atau kewirausahaan adalah sebagai berikut, :
    1) Bahwa kegiatannya meliputi aktivitas usaha, bisnis, perdagangan. (business activity)
    2) Menghasilkan produk baik barang maupun jasa (goods and services production)
    3) Mengelola sumber daya (resources management)
    4) Berani mengambil risiko (risk taking)
    5) Memberikan pelayanan (sevice)
    6) Meningkatkan nilai tambah (value added)
    7) Mempunyai sikap, skill dan kemampuan menjalankan usaha (skill)
    8) Adanya kemauan dari diri sendiri (motivation)

    Demikian pandangan saya terhadap materi perkuliahan Smart Entrepreneurship dengan judul pembahasan Konsep Dasar Kewirausahaan, setelah sekilas membaca tentang Konsep Dasar Kewirausahaan dalam mata kuliah Smart Entrepreneurship.




    0



    0
  29. Pengertian kewirausahaan secara umum adalah kewirausahaan adalah suatu proses dalam mengerjakan sesuatu yang baru atau kreatif dan berbeda (inovatif) yang bermanfaat dalam memberikan nilai lebih.
    Menurut Drs. Joko Untoro bahwa kewirausahaan adalah suatu keberanian untuk melakukan upaya upaya memenuhi kebutuhan hidup yang dilakukan oleh seseorang, atas dasar kemampuan dengan cara manfaatkan segala potensi yang dimiliki untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain
    Dalam buku Entrepreneurial Finance oleh J.Leach Ronald Melicher bahwa kewirausahaan adalah sebuah proses dalam merubah ide menjadi kesempatan komersil dan menciptakan nilai (harga) “Process of changing ideas into commercial opportunities and creating value”
    Dalam buku Entrepreneurship: Determinant and Policy in European-Us Comparison bahwa kewirausahaan adalah proses mempersepsikan, menciptakan, dan mengejar peluang ekonomi “process of perceiving, creating, and pursuing economic opportunities“. Akan tetapi dikatakan dalam buku tersebut, bahwa proses dari kewirausahaan itu sendiri sulit untuk diukur.
    Menurut Bapak Eddy Soeryanto Soegoto bahwa kewirausahaan atau entrepreneurship adalah usaha kreatif yang dibangun berdasarkan inovasi untuk menghasilkan sesuatu yang baru, memiliki nilai tambah, memberi manfaat, menciptakan lapangan kerja dan hasilnya berguna bagi orang lain.

    dulu pernah saya pelajarin ini di waktu SMK

    Adi Syahputra Santoso
    IK_81




    0



    0
  30. Kewirausahaan adalah salah satu proses dalam melakukan pekerjaan sesuatu yang baru dilakukannya atau kreatif yang sangat berbeda dengan yang lainnya, karena ini memberikan salah satu manfaat yang sangat lebih.
    Nah ada seseorang yang mengatakan seperti ini, kewirausahaan adalah suatu dari keberanian tersebut, hanya untuk menciptakan atau upaya yang lainnya. Dan bisa untuk memenuhi kebutuhan hidup yang dia lakukan dengan seseorang lainnya.
    Sepertinya dari dasarnya dalam kemampuan tersebut hanya dengan manfaatkan dari segala potensi yang lainnya ia milikinya, hanya untuk mencapai hasil dari sesuatu yang sangat bermanfaat untuk dirinya sendiri atau orang lain.
    Kewirausahaan merupakan salah satu sebuah dari proses dalam melakukan perubahan ide yang bisa menjadi kesempatan komersial dan hanya untuk menciptakan nilai harga.




    0



    0
  31. Wirausaha adalah kemampuan untuk berdiri sendiri mengerjakan peluang yang menuntut kemampuan mengelola dan pengalaman untuk memacu kreativitas.
    sehingga dikatakan suatu proses dalam mengerjakan sesuatu yang baru, kreatif, dan inovatif yang bermanfaat dan memiliki nilai lebih.
    serta dapat mewujudkan aspirasi kehidupan mandiri dengan landasan keyakinan watak yang luhur , dengan semangat yang kuat, sikap, perilaku dan kemauan yang kuat untuk mewujudkan suatu usaha yang berkesinambungan serta dapat mengembangkan lapangan usaha baik untuk kalangan dekat lingkungan maupun bisa di mendayagunakan untuk orang banyak.




    0



    0

Tinggalkan Balasan