Cara Mendesain Kemasan Produk Usaha Kecil

Hallo…. Pembaca yang budiman. SahabatPreneur yang baik hatinya. Senang sekali rasanya saya hari ini bisa berjumpa kembali dengan Anda semua dalam keadaan sehat dan sejahtera.

Kali ini penulis ingin membagikan sedikit tentang bagaimana cara mendesain kemasan produk usaha kecil skala UMKM. Dalam bahasan ini penulis hanya memberikan beberapa catatan secara umum dan filosofi tentang kemasan itu sendiri.

Menurut penulis, sangat penting bagi pengusaha kecil untuk mengetahui dan memahami apa tujuan dan  manfaat kemasan tersebut. Sedangkan teknis pembuatan kemasan akan penulis bahas tersendiri pada bagian tulisan lain. Baiklah SahabatPreneur, langsung saja ke TKP

Definisi Kemasan

Secara sederhana kemasan dapat didefinisikan sebagai bungkusan atau sesuatu  yang digunakan sebagai alat pembungkus atau kontainer. Sedangkan mengemas merupakan tindakan membungkus atau menutup suatu barang atau sekelompok barang.

Tujuan Kemasan

Membuat kemasan bukan hanya sekedar pembungkus produk namun ada tujuan yang ingin dicapai, diantaranya:

  1. Menampilkan atribut sebuah produk. Semakin unik dan khas, maka tampilan produk semakin menarik perhatian konsumen.
  2. Memperkuat penampilan estetika (seni/indah) dan nilai produk. Kemasan juga bisa menjadi suatu strategi untuk memperkuat pemosisian produk di benak konsumen. Bagaimanapun, konsumen senang dengan visualisasi dan gambar-gambar menarik.
  3. Mempertahankan keseragaman dalam kesatuan merk produk. Kemasan bisa menjadi ukuran standarisasi produk. Dengan membuat kemasan yang sama, maka produk akan terlihat standar dan homogen. Sehingga memudahkan konsumen untuk menandai produk dalam proses pencariannya.
  4. Membuat kemasan sesusai kategori. Mengembangkan sebuah kemasan yang berbeda dan menonjol sangat perlu diperhatikan oleh pelaku usaha kecil. Dalam pasar persaingan sempurna, dimana begitu banyak produk tersedia dipasar yang sama, maka menciptakan kemasan yang berbeda akan membantu konsumen untuk membedakan antara produk kita dengan produk pesaing. Selain itu, kemasan produk juga harus berbeda satu sama lainnya disesuaikan dengan kategori produk. Misalnya produk kategori makanan dengan produk kategori minuman atau kelas produk yang berbeda.
  5. Mengembangkan inovasi dalam menciptakan kemasan. Tujuan utama berinovasi dalam membuat kemasan adalah agar harga produksi lebih rendah, ramah lingkungan dan meningkatkan fungsionalitas. Inovasi bisa dengan menggunakan bahan-bahan baru, material yang berkualitas.

Selain karena kemasan bisa digunakan sebagai strategi untuk mencapai tujuan usaha, kemasan juga harus memiliki manfaat baik bagi produsen maupun bagi konsumen.

Manfaat Kemasan

Sebuah kemasan yang dibuat, bukan hanya menarik dan kreatif tetapi harus memberi manfaat dan utilitas terutama bagi konsumen, sehingga poin tersebut akan memberikan nilai tambah (value added) dari produk yang ditawarkan. Beberapa manfaat kemasan antara lain sebagai berikut:

  • Kemasan sebagai alat komunikasi. Maksudnya adalah kemasan menjadi alat promosi, kemasan menjadi informasi produk dan kemasan sebagai pemasaran produk dengan mengkomunikasikan karakteristik produk atau produk konsumsi yang khas dan unik. Dalam konteks ini, pemilik produk harus kreatif menciptakan kemasan baik dari segi warna, bentuk, merk dan logo atau tulisan. Sehingga semua elemen menjadi lebih komunikatif dengan target pasar produk.
  • Kemasan sebagai identitas. Pada umumnya kemasan sebuah produk sudah dilengkapi dengan pencantuman nama merk atau brand. Merk merupakan identitas perusahaan yang merepresentasikan produk yang dihasilkan. Jadi desainlah kemasan dan identitas meliputi nama produk, desain kemasan, papan reklame, desain iklan, seragam dan atribut lainnya. Sebab semua itu merupakan representasi identitas kita.
  • Citra Produk. Manfaat lainnya dari kemasan adalah menampilkan citra. Penggunaan gambar atau foto yang baik untuk kemasan akan meningkatkan citra yang baik pada produk dan kemasan, pemakaian citra visual yang tepat merupakan kunci suatu komunikasi kepribadian produk. Citra dipengaruhi oleh ilustrasi, foto dan gambar, ikon, simbol dan karakter bisa dibuat dalam berbagai gaya.
  • Kemasan sebagai alat identifikasi dalam pemasaran. Kemasan menjadi suatu komponen bagi konsumen dan masyarakat sebagai produk pendorong pertumbuhan ekonomi, kemasan dapat memenuhi kebutuhan manusia untuk memberdayakan sumber daya fisik.
  • Sebagai pelindung produk. Fungsi dan manfaat utama kemasan adalah untuk melindungi produk dari hal-hal yang dapat merusak nilai dan manfaat produk bagi konsumen. Kemasan akan melindungi produk dari sinar matahari/panas secara langsung, memberikan perlindungan dari lalat atau microba yang membayakan, terhindar dari debu dan lain sebagainya.
  • Mudah dibawa.  Kemasan suatu produk sangat bermanfaat bagi konsumen dalam hal distribusi atau delivery. Produk yang sudah dilengkapi dengan kemasan mudah di bawa kemana-mana dan dapat ditaruh di mana saja.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pengusaha kecil dalam mengembangkan kemasan produknya. Secara filosofi, kemasan itu merupakan pakaian bagi suatu produk. Sebagai pakaian tentu saja haruslah memakai pakaian yang cantik dan menarik. Kesesuaian antara kemasan dan produk harus tepat, menggunakan bahan kemasan (pembungkus) yang aman, nyaman dan ramah lingkungan patut menjadi pertimbangan utama sebelum mencetak kemasan.

Meskipun bagitu, sebelum kemasan tersebut digunakan. Pengusaha kecil harus menyiapkan terlebih dahulu kondisi produk yang akan dikemas. Misalnya bagaimana mengawetkan produk dalam jangka waktu tertentu. Sehingga produk tidak cepat rusak atau kadaluarsa. Apalagi jika produk makanan, daya tahannya tidak terlalu lama. Karena jika produk sudah dimasukkan dalam kemasan, maka perubahan produk sudah sulit untuk dilihat. Dan jika Anda sudah memiliki hasil analisis daya tahan produk, maka jangan lupa cantumkan masa berlaku penggunaan produk (expired date). 

So SahabatPreneur yang mau mengembangkan nilai produknya dengan strategi kemasan. Buatlah perencanaan desain kemasan sebelum dicetak secara massal. Berkonsultasilah pada ahli kemasan dan Konsultan UMKM terdekat atau Tenaga Pendamping Usaha dari pemerintah.

The following two tabs change content below.

Hamdani

Praktisi Bisnis. Konsultan Profesional Bidang Keuangan dan UKM.

Tinggalkan Balasan