Bisnis Online-Bisnis Dumay

Perbandingan Bisnis Offline dan Bisnis Online

Ya…!  Saat ini dunia bisnis sedang diguncang dengan metode berbisnis cara baru. Perkembangan dunia demikian canggih, kemajuan teknologi kian pesat. Penemuan komputer dan internet adalah penemuan terbesar para ilmuan abad 21. Dengan bantuan internet, manusia bisa melakukan apa saja yang diinginkan.

Dalam bisnis pun demikian halnya. Internet telah memberi cara pandang baru bagi para pebisnis untuk mengembangkan usahanya. Mulai dari membangun komunikasi dengan pelanggannya sampai penjualan pun dilakukan seperti halnya bisnis pada umumnya. Dengan demikian internet telah berkontribusi besar terhadap model bisnis yang dikembangkan dengan inovasi baru dan cara-cara baru.

Bisnis Online

Adakah orang yang tidak pernah mendengar dengan istilah bisnis online? Rasanya tidak ada orang yang hidup di zaman sekarang yang orang sebut generasi Y (baca: wai) yang tidak tahu apa itu bisnis online.

Secara pengertian, bisnis itu tidaklah ada bedanya dalam kegiatan dan aktivitas yang dilakukan dalam pengelolaan seluruh sumber daya (resources) baik dilakukan secara online maupun offline. Bisnis dalam dunia nyata, artinya seluruh aktivitasnya dilakukan secara kasat mata dan terlihat dalam prosesnya. Sedangkan bisnis online dapat didefinisikan sebagai bisnis yang berbasis internet. Dengan fasilitas internet sebagian kegiatan bisnis dapat dilakukan melalui bantuan computer dan jaringan internet. Salah satu contoh bisnis berbasis internet adalah online shop (olshop).

Toko Online

Di masa sekarang konsumen untuk melakukan transaksi dalam rangka memenuhi kebutuhannya tersedia berbagai pilihan untuk memilih tempat berbelanja. Dalam dunia nyata ada supermarket, mall mewah, toko biasa bahkan sampai toko tradisional, semua itu menjadi pasar bagi konsumen untuk memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan. Itu yang disebut dengan toko offline, dimana konsumen perlu mendatangi, melihat, dan membayar secara langsung (by cash on the hand)  kepada para penjual.

Namun lain halnya dengan toko online. Konsumen tidak perlu datang secara phisik langsung ke tempat-tempat penjualan produk baik barang maupun jasa. Dengan bantuan internet, konsumen dapat terhubung secara langsung dengan penjual tanpa perlu datang ke gedung toko. Jadi dengan kata lain toko online dapat dikatakan tempat melakukan jual beli secara online. Saat ini peminat terhadap bisnis toko online semakin menjamur dan tumbuh pesat.

Memang jika dibandingkan dengan toko offline atau toko konvensional, toko online memiliki beberapa kelebihan, diantaranya:

  1. Jangkauan yang luas. Karena sifatnya yang online, maka toko online bisa dijangkau dan diakses oleh setiap pengguna internet tanpa batas wilayah dan geografis. Bahkan melewati batas suatu negara sekalipun.
  2. Tidak memerlukan karyawan terlalu banyak. Toko online cukup dikerjakan oleh sedikit pekerja atau karyawan. Tidak membutuhkan tenaga security, tidak memerlukan pelayan toko, bahkan semua pelayanan bisa digantikan dengan sistem elektronik berbasis internet. Sehingga dapat mengurangi pengeluaran gaji karyawan.
  3. Dapat menjual produk orang lain. Dengan konsep toko online, barang yang dijual tidak harus kita memiliki barang sendiri yang harus kita stock. Dalam toko online kita bisa kita pajang produk apapun dan milik siapapun yang sudah kerjasama bisnis. Dengan demikian ketika awal kita membangun toko online dapat menjual produk orang lain terlebih dahulu sambil belajar. Setelah kita punya pengalaman dan sudah tahu caranya, maka dengan lebih mudah kita menjual produk sendiri.
  4. Mudah, cepat dan tidak merepotkan.  Karena sifatnya yang mudah dijangkau, maka toko online dapat melayani pembeli dengan sekali klik. Dalam hubungan komunikasi pun cukup mudah dilakukan. Pemilik toko online dapat memasang fasilitas chatting di halaman depan tokonya atau melalui email dan social media. Keuntungan lainnya pun promosi dapat dengan mudah dilakukan, cukup dengan memposting di toko online atau di akun lainnya yang dimiliki oleh pemilik toko online. Maka kita dapat menghemat biaya promosi.
  5. Tidak memerlukan tempat dan gudang penyimpanan barang.  Berbeda dengan toko konvensional yang membutuhkan ruangan dan tempat menjual barang secara phisik bahkan sangat luas dan besar. Pada toko online penempatan barang di dalam toko bukanlah secara phisik sehingga tidak memerlukan tempat secara phisik pula. Tetapi cukup dengan space template saja. Maka toko online sudah menghemat biaya sewa tempat. Apalagi harga sewa tempat pada toko konvensional saat ini cukup mahal.

Promosi

Setelah toko online kita dibuat, maka kegiatan selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mempromosikan toko online kita. Dan ini bisa dilakukan melalui sosial media. Bahkan sosial media juga sangat ampuh digunakan untuk menjual barang-barang dari online shop kita. Cukup dengan sekali posting saja, tidak repot dan sangat mudah dilakukan. Dan semua teman dapat melihat di time line atau wall akun sosmed kita. Beberapa social media yang sering digunakan utk berpromosi adalah facebook, twitter, instagram, tumblr, path, line dan masih banyak lagi. Dan media sosial yang dipilih pun sangat tergantung siapa target pasar yang dibidik dan jenis promosi yang dilakukan. Misalnya iklan berbasis teks cocok di facebook, iklan visual di istagram, sehingga iklan yg kita posting menjadi optimal. Dari segi segmen pasar jg harus jelas dan bisa diukur. Kita harus memiliki sedikit informasi tentang karakter pengguna di setiap jenis sosmed. Salah satu kesalahan yang dilakukan oleh pelaku bisnis olshop sehingga bisnisnya tidak jalan karena salah memilih segmen dan tidak tepat dalam memilih sosmed untuk menjangkau segmen pasarnya.

Meskipun berbisnis online tergolong mudah dan simpel, namun kita juga harus memperhatikan SDM kita. Karena SDM memegang peranan penting dalam mengelola sebuah olshop sehingga kepercayaan terhadap bisnis kita semakin tumbuh baik dikalangan konsumen. Misalnya bagaimana kita merespon pertanyaan, memenuhi janji, menjaga kualitas komunikasi dan kecepatan serta ketepatan dalam mengirimkan order. Jika hal ini keliru apalagi salah dalam penanganan, maka pelanggan akan ragu untuk closing di toko kita.

Jadi intinya adalah dengan menggunakan media sosial untuk melakukan promosi sangat efektif dan efesien asalkan dilakukan dengan keahlian yang memadai dan mengutamakan kenyamanan bagi pelanggan kita.

Dan masih banyak lagi kelebihan dan keuntungan menjalankan bisnis online dengan toko online. Meskipun demikian bisnis online juga memliki kekurangan dan risiko. Namun saya berpendapat bahwa membuka usaha dengan konsep online shop sangat prospektif di masa akan datang. Tapi baiklah lain kali akan saya bahas apa saja kerugian dan risiko bisnis online.

The following two tabs change content below.

Hamdani

Praktisi Bisnis. Konsultan Profesional Bidang Keuangan dan UKM.

Tinggalkan Balasan