Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia memiliki arti penting bagi suatu kewirausahaan, karena pencapaian tujuan suatu usaha persaingan atau perusahaan dipengaruhi oleh kekuatan dan  kompetensi sumber daya manusia yang ada dalam perusahaan tersebut. Penyediaan SDM yang tepat sangat penting bagi seorang wirausaha. Produktivitas pada semua organisasi kewirausahaan ditentukan oleh bagaimana SDM berinteraksi dan bergabung untuk menggunakan sumber daya sistem manajemen.

Fungsi  manajemen ialah memberdayakan seluruh sumber daya  yang agar secara elektif dan efesien mencapai tujuan, sasaran,  dan target perusahaan. Dalam hal ini, suatu proses manajemen secara umum dalam rangka pencapaian tujuan organisasi meliputi suatu proses kegiatan (1) perencanaan, (2) pengorganisasian, (3) pelaksanaan,  dan (4) proses kontrol dan evaluasi.

Terkait dengan SDM suatu perusahaan, manajemen menjadi suatu mekanisme yang menganalisis dan mengelola kebutuhan SDM di sebuah perusahaan. Seorang wirausaha perlu mengidentifikasi dan membentuk/menarik tim yang kuat. Tim manajemen yang kuat akan membawa kekuatan yang lebih besar daripada usaha yang dilakukan oleh seorang wirausaha secara perorangan. Satu alasan bahwa sebuah tim dapat memberikan keragaman bakat untuk memenuhi berbagai kebutuhan penempatan karyawan (Longenecker, 2000).

Langkah-langkah Penyediaan SDM

Terdapat empat langkah dalam penyediaan SDM bagi organisasi kewirausahaan/perusahaan. Langkah-langkah tersebut adalah perekrutan, seleksi, pelatihan dan penilaian.

Pertama

Merupakan langkah pertama dalam penyediaan SDM  bagi organisasi kewirausahaan. Perekrutan adalah proses penyaringan awal dari calon SDM yang tersedia untuk mengisi suatu posisi. Tujuannya adalah mengumpulkan calon-calon pegawai atau tenaga kerja yang potensial bagi  pencapaian tujuan organisasi kewirausahaan.

Kedua

Seleksi merupakan langkah selanjutnya dalam penyediaan Sumber Daya Manusia. Seleksi adalah pemilihan individu untuk disewa dari semua individu-individu yang telah direkrut. Seleksi bergantung pada penarikan tenaga kerja.

Ketiga

Sesudah penarikan/perekrutan dan seleksi karyawan, langkah berikutnya adalah pelatihan. Pelatihan adalah proses pengembangan kualitas sumber daya manusia yang pada akhirnya akan membuat SDM tersebut menjadi lebih produktif. Pelatihan terhadap karyawan sebagai bagian dari manajemen SDM dapat memperbaiki produktivitas suatu usaha. Namun, sebelum dilakukan pelatihan, diperlukan suatu analisis kebutuhan pelatihan bagi karyawan.

Keempat

Penilaian, setelah individu-individu direkrut, diseleksi dan dilatih, langkah keempat adalah penilaian terhadap suatu hasil kerja.

Penilaian hasil kerja adalah proses kerja menelaah aktivitas produktif individu-individu di masa lalu untuk mengevaluasi sumbangan yang mereka buat dalam mencapai tujuan sistem manajemen.

Seperti halnya pelatihan, penilaian hasil kerja adalah aktivitas yang bersifat kontinyu dan dipusatkan pada SDM yang relatif baru maupun yang sudah mapan dalam perusahaan. Satu dari tujuan utamanya adalah untuk memberikan materi agar direspon oleh individu-individu dalam perusahaan mengenai seberapa baik mereka bisa menjadi lebih produktif.

Baca: Yusuf, syahrial, 2010. Entrepreneurship. Lentera Ilmu: Jakarta.

 

 

The following two tabs change content below.

Hamdani

Praktisi Bisnis. Konsultan Profesional Bidang Keuangan dan UKM.

25 Replies to “Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia”

  1. Dalam kewirausahaan SDM yang kompeten sanggat perlu diperhatikan karena selain dapat memberikan kinerja bagus untuk perusahaan, kita juga dapat membentuk tim yang dafat memperkuat suatu perusahaan dalam bersaing, tetapi di dalam memperhatikan SMD tersebun peran sistem manajeman sanngat dibutuhkan karena fungsi sistem manajemen ialah memberdayakan seluruh sumber daya yang agar secara elektif dan efesien mencapai tujuan, sasaran, dan target perusahaan. Dalam hal ini, suatu proses manajemen secara umum dalam rangka pencapaian tujuan organisasi meliputi suatu proses kegiatan (1) perencanaan, (2) pengorganisasian, (3) pelaksanaan, dan (4) proses kontrol dan evaluasi.




    1



    0
  2. managemen dan sumber daya manusia. dapat kita ketahui bahwa,suatu kewiusahaan sangat memerlukan sdm yang kompeten dan memiliki keberanian untuk berwirausaha, karena sangat erat kaitannya jika perusahaan memiliki sdm yang baik maka suatu perusahaan dapat menghasilkan suatu tujuannya. dan managemen sangat dibutuhkan untuk perusahaan, yang mana dengan memiliki sdm kompeten dapat memagemenkan yang dibutukan oleh perusahaan. dan kewirausahan membutuhkan tim dalam managemen, maka memerlukan proses, proses managemen secara umum dalam rangka pencapaian tujuan organisasi meliputi suatu proses kegiatan (1) perencanaan, (2) pengorganisasian, (3) pelaksanaan, dan (4) proses kontrol dan evaluasi.




    1



    0
  3. Managemen dan sumber daya manusia dalam kewirausahaan sangat memrlukan sdm yang kompeten karena dapat dapat memberikan kerja yang bagus juga dapat membatu dalam tim tetapi selain sdm kita juga perlu untuk memperhatikan menejemen karena menejemen dapat mengatur dan memberdayakan sumber daya manusia secara efektif dan efisien untuk mencapat tujuan bersama




    1



    0
  4. Sistem managemen sangat berpegaruh dalam mengolah sumber daya manusia yang lebih berproduktif dan profesional dalam suatu wirausaha, karena suatu wirausaha yang baik dan efiens ditentukan oleh sumber daya manusia yang berpontensi dan ability dalam suatu bidang, managemen harus membuat suatu sistem dan mengkontrol sistem dengan baik ditahap awal perekrutan agar menghasilkan tenaga kerja yang berpontensi dan profesional.




    1



    0
  5. Dalam suatu kewiraushaan tentunya sangat di tentukan oleh kualitas management dan sumber daya manusia didalamnya.
    Seorang wirausahawan harus mampu mengatur tim yang kuat untuk memperoleh kesuksesan.
    Banyak langkah yang harus dilalui untuk mendapatkan sumber daya manusia yang sesuai dengan kebutuhan sebuah usaha tersebut.
    Mulai dari perekrutan sampai penilaian, dari setiap seleksi yang dilakukan nantinya akan terlihat karyaman mana yang cocok untuk mengisi tim tersebut.




    1



    0
  6. Dari artikel yang saya baca diatas dapat saya simpulkan bahwa didalam suatu usaha sangat diperlukannya kualitas management dan sumber daya manusia dalam menjalankan usaha.
    Dalam suatu usaha seseorang pengusaha harus mampu menjalani suatu usaha dengan tim yang kuat dan berkualitas untuk meraih kesuksesan, banyak hal yang harus dialalui untuk mendapatkan sumberdya manusia berkualitas untuk memperoleh anggota yang berkualitas




    1



    0
  7. Dapat kita simpulkan bahwa Sumber Daya manusia memiliki arti sangat penting bagi orang yang sedang berwirausaha untuk pencapaian usaha. Dan didalam usaha pasti ada namanya persaingan. Perusahaan sangat di pengharuhi oleh kekuatan Sumber daya manusia, semua organisasi kewirausahaan itu menentukan bagaimana SDM berinteraksi dan bergabung dalam sumber managemen . Dalam mencapai kegiatan management, ada beberapa yang harus kita lakukan sebelum bertindak di antara nya yaitu:
    1) perencanaan
    2) pengorganisasian
    3) pelaksanaan, dan
    4) proses kontrol dan evaluasi.
    Langkah penyediaan sumber daya manusia dan organisasi
    -Perekrutan
    -Seleksi
    -Pelatihan
    -Penilaian hasil kerja.




    1



    0
  8. Sumber daya manusia adalah orang yang sering disebut sebagai karyawan yang bekerja pada suatu organisasi. Sumber daya manusia adalah aset yang paling penting dan paling berharga bagi suatu perusahaan karna tanpa sumber daya manusia maka sumber daya perusahaan tidak akan menghasilkan laba dan menambah nilainya sendiri. sangat banyak langkah yang harus dibuat untuk mendapatkan SDM yang berkualitas, Intinya dalam sumber daya manusia harus dilandasi suatu konsep bahwa setiap karyawan adalah manusia, bukan sebuah mesin, dan bukan semata menjadi sumber daya bisnis.




    1



    0
  9. kesimpulannya : sumber daya manusia memiliki arti penting bagi suatu kewirausahaan untuk mencapai suatu usaha yang maksimal. banyak langkah yang harus yang harus dilalui untuk mendapat sumber daya manusia yang sesuia dengan kebetuhan usaha, mulai dari merekrut sampai penilaian, setelah individu-individu direkrut, diseleksi dan dilatih, langkah selanjutnya adalah penilaian terhadap suatu hasil kerja.




    1



    0
  10. Fungsi manajemen ialah memberdayakan seluruh sumber daya yang agar secara elektif dan efesien mencapai tujuan, sasaran, dan target perusahaan.
    SDM suatu perusahaan, manajemen menjadi suatu mekanisme yang menganalisis dan mengelola kebutuhan SDM di sebuah perusahaan. Seorang wirausaha perlu mengidentifikasi dan membentuk/menarik tim yang kuat.




    1



    0
  11. pencapaian tujuan suatu usaha persaingan atau perusahaan dipengaruhi oleh kekuatan dan kompetensi sumber daya manusia yang ada dalam perusahaan .memberdayakan seluruh sumber daya yang agar secara elektif dan efesien mencapai tujuan, sasaran, dan target perusahaan. Dalam hal ini, suatu proses manajemen secara umum dalam rangka pencapaian tujuan organisasi meliputi suatu proses kegiatan (1) perencanaan, (2) pengorganisasian, (3) pelaksanaan, dan (4) proses kontrol dan evaluasi.




    1



    0
  12. SDM merupakan salah satu elemen terpenting yang akan memutar roda perusahaan terus berjalan. Kenapa penting ? Karena pada dasarnya SDM yang bergerak mengelola perusahaan. Manajemen SDM berperan untuk mengatur pengelolaan agar memberikan hasil maksimal dan memiliki loyalitas yang tinggi.
    SDM yang bermutu semakin dibutuhkan setiap perusahaan untuk mencapai sasaran perusahaan. Perusahaan pastinya tidak ingin sekedar menerima orang tanpa melihat latar belakang serta bakat yang dimiliki. Ada beberapa langkah yang dilakukan perusahaan perusahaan agar mendapatkan karyawan terbaik dan memenuhi kebutuhan perusahaan.
    * Langkah pertama perekrutan, dengan menyaring kandidat terbaik untuk mengisi posisi yang tepat
    * Langkah kedua seleksi, pemilihan individu yang tepatdan tergantung berapa yang dibutuhkan
    * Langkah ketiga pelatihan, proses pengembangan yang diberikan perusahaan untuk karyawan agar dapat memperbaiki produktivitas.
    * Langkah keempat penilaian hasil kerja, perusahaan mengevaluasi hasil kerja yang dilakukan oleh karyawan untuk mengetahui sejauh mana karyawan bisa menjadi lebih efektif dan produktivitas




    1



    0
  13. Terdapat empat langkah dalam penyediaan SDM bagi organisasi kewirausahaan/perusahaan. Langkah-langkah tersebut adalah
    1. perekrutan : penerimaan karyawan merupakan salah hal yang awal dilakukan saat membangun sebuah perusahaan . Sebuah perusahaan tidak akan berkembnag jika tidak ada orang yang menjalankan semua aktivitas didalamnya.
    2. seleksi : pemilihan karyawan yang berkompeten sangat berpengaruh pada kinerja perusahaan yang akan dihasilkan kedepannya . pada tahap seleksi ini perusahaan harus menyeleksi sedetail mungkin agar karyawan yang d rekrut betul-betul berkompeten dibidangnya.
    3. pelatihan : Pada awal mula masa bekerja , biasanya perusahaan akan memberikan pelatihan pada karyawan-karyawan yang direkrut agar menunjang kinerja mereka
    4. penilaian : setelah dilakukan pelatihan karyawan akan diberikan penilaian atas kinerja mereka . Ada dua kemungkinan atas penilaian ini yaitu mutasi atau promosi . karyawan yang memiliki kinerja yang rendah akan dimutasi dari perusahaan , sedangkan yang memiliki kinerja yang bagus akan mendapatkan promosi untuk naik ke jenjang karir yang lebih tinngi lagi .




    0



    0
  14. Dalam merintih suatu usaha, SDM tidaklah terlalu penting, lain halnya apabila bisnis kita mulai berkembang, volum produksi mulai meningkat, dan permintaan pasar naik, dalam hal ini kita perlu mempekerjakan karyawan untuk menunjang usaha kita yang mulai berkembang, namun permasalahan yang dihadapi oleh entrepreneur sekarang adalah dalam hal menemukan SDM yang cocok dan qualified dalam bekerja, dan pada dasarnya pemberdayaan SDM di Indonesia masih sangatlah kurang dan masih harus diperhatikan lagi oleh pihak pemerintah, pemilihan SDM yang salah untuk usaha kita akan berdampak buruk pada kelangsungan bisnis kita, bisa saja bisnis yang sudah mulai maju bisa jadi bangkrut karena memperkerjakan SDM yang abal-abal, nah, seperti yang sudah dipaparkan dalam artikel ini, tentang bagaimana menyediakan SDM yang baik agar tidak salah dalam memperkerjakan orang, sangat membantu para entrepreneur, Terimakasih postingannya sangat membantu sr^^
    Silvia Giovany
    KS-37




    0



    0
  15. Untuk di jaman modern ini di perusahaan jepang sudah menggunakan para pekerja robot, meraka tidak memakai manusia lagi, sebab manusia kadang juga berbuat salah, makanya pekerja mereka dengan robot. Jika di indonesia memakai para pekerja robot, maka terjadilah krisis di negara indonesia, pengangguran dimana, banyak terjadi kriminal,
    Jangan sampai itu terjadi. Jadi lah manusia yang berkualitas, cekatan, energik, dan pintar. Agar kualitas SDM indonesia di akui oleh dunia dengan kehebatannya




    0



    0
  16. Manajemen pengembangan SDM merupakan hal-hal yang meliputi perencanaan, pengorganisasian , pelaksanaan dan pengendalian.
    Fungsi manajemen SDM sangatlah penting karena memiliki dampak yang besar dalam pelaksanaan strategi dengan mengembangkan karyawan dengan berbagai keterampilan yang diperlukan sehingga dapat melakukan fungsi dan tugas secara efektif yang dapat membantu mencapai tujuan perusahaan. Sehingga dibutuhkan langkah-langkah dalam penyediaan SDM yaitu :
    – perekrutan
    – seleksi
    – pelatihan
    – penilaian




    0



    0
  17. (1) perencanaan (kita harus merencanakan kriteria apa yang kita inginkan)
    (2) pengorganisasian
    (3) pelaksanaan
    (4) proses kontrol dan evaluasi.




    0



    0
  18. Sumber Daya Manusia adalah komponen yang paling penting dalam sebuah usaha/ perusahaan. karena dengan adanya SDM yang kompeten akan meningkatkan kepuasan pelanggan sehingga terjadinya penigkatan profit bagi perusahaan tersebut.

    Dijaman yang di penuhi dengan teknologi yang canggih semua pembeli bisa mendapatkan apapun dari internet/online shop yang sudah sangat banyak. maka yang membuat perbedaan sebuah perusahaan degan perusahaan yang lain adalah pelayanan yang prima dari perusahaan tersebut.

    Maka dari itu di perlukanlah sebuah managemen SDM untuk memperoleh SDM dengan kualitas yang kompeten.
    Ada beberapa langkah untuk penyediaan SDM.
    1. Perekrutan karyawan
    2. Seleksi karyawan
    Dalam proses seleksi karyawan dapat dilakukan dalam beberapa tahap seperti : Tes Tulis, Tes Kesehatan, Tes Psites dan Tes Wawancara
    3. Pelatihan adalah proses untuk pengembangan kualitas kinerja karyawan
    4. Penilaian bagi karyawan




    0



    0
  19. Yang perlu kita ketahui dalam membanggun kewirausahaan SDM yang kompeten sanggat perlu diperhatikan karena selain dapat memberikan kinerja bagus untuk perusahaan juga dapat meningkatkan perusahaan. Selain itu SDM tersebun sangat penting peran nya dalam manajeman untuk memberdayakan seluruh SDM yang agar secara elektif dan efesien kerjanya untuk mencapai tujuan, sasaran, dan target perusahaan. Terdapat empat langkah dalam penyediaan SDM bagi perusahaan. Langkah-langkah tersebut adalah
    1. Perekrutan : penerimaan karyawan merupakan salah hal yang awal dilakukan saat membangun sebuah perusahaan . Sebuah perusahaan tidak akan berkembnag jika tidak ada orang yang menjalankan semua aktivitas didalamnya.
    2. Seleksi : pemilihan karyawan yang berkompeten sangat berpengaruh pada kinerja perusahaan yang akan dihasilkan kedepannya . pada tahap seleksi ini perusahaan harus menyeleksi sedetail mungkin agar karyawan yang d rekrut betul-betul berkompeten dibidangnya.
    3. Pelatihan : Pada awal mula masa bekerja , biasanya perusahaan akan memberikan pelatihan pada karyawan-karyawan yang direkrut agar menunjang kinerja mereka
    4. Penilaian : setelah dilakukan pelatihan karyawan akan diberikan penilaian atas kinerja mereka . Ada dua kemungkinan atas penilaian ini yaitu memberhentikan atau menaikkan jabatannya. karyawan yang memiliki kinerja yang rendah akan diberhentikan dari perusahaan , sedangkan yang memiliki kinerja yang bagus akan mendapatkan pujian dan naik ke jenjang karir yang lebih tinngi lagi .




    0



    0
  20. Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia – Sudah merupakan tugas utama dari seorang manajer sumber daya manusia untuk mengelola sumber daya manusia yang dimiliki dengan seefektif mungkin, supaya bisa diperoleh suatu satuan sumber daya manusia yang tidak mengecewakan, merasa puas dan sangat memuaskan. Manajemen sumber daya manusia adalah satu bagian dari manajemen yang memfokuskan diri pada sumber daya manusia

    1. Perencanaan
    usaha yang kita kembang kan

    2.Seleksi
    Kita harus seleksi SDM tersebut

    3. Pelatihan
    kita harus melatih SDM yang kita perlukan untk menjalankan Usaha

    4. Pengintegrasian
    Pengintegrasian merupakan aktivitas untuk menyatukan antara kepentingan perusahaan dengan kebutuhan para karyawan, sehingga menciptakan kerjasama yang menguntungkan bagi kedua belah pihak




    0



    0
  21. dapat kita simpulkan bahwa Sumber daya manusia merupakan potensi yang terkandung dalam diri manusia untuk mewujudkan perannya sebagai makhluk sosial yang adaptif dan transformatif yang mampu mengelola dirinya sendiri serta seluruh potensi yang terkandung di alam menuju tercapainya kesejahteraan kehidupan dalam tatanan yang seimbang dan berkelanjutan. Adapun komponen data-data SDM untuk meningkatkan dan mengelola SDM dalam mengembangkan usaha yaitu : kualitas pekerjaan dan inovatifnya, kejujuran dalam bekerja, kehadiran dalam bekerja, sikap dalam bekerja, inisiatif dan kreatif, kerjasama dengan pihak lain, keandalan dalam bekerja, pengetahuan tentang pekerjaan, tanggung jawab terhadap pekerjaan, pemanfaatan waktu dalam bekerja




    0



    0
  22. jika saya menjadi seorang pemimpin perusahaan, yang mengambil keputusan dan tindakan, tentu SDM sangat saya perioritaskan sebagai konsumen saya, karyawan saya, dan pertimbangkan untuk melangkah lebih lanjut ke depan




    0



    0
  23. Dalam suatu organisasi, sumber daya manusia bukan hanya sebagai alat dalam produksi tetapi memiliki peran penting dalam kegiatan produksi suatu organisasi. Kedudukan SDM saat ini bukan hanya sebagai alat produksi tetapi juga sebagai penggerak dan penentu berlangsungnya proses produksi dan segala aktivitas organisasi. SDM memiliki andil besar dalam menentukan maju atau berkembangnya sutau organisasi. Oleh karena itu, kemajuan suatu organisasi ditentukan pula bagaimana kualitas dan kapabilitas SDM di dalamnya.
    Organisasi yang dimaksud tidak terkecuali organisasi pemerintahan. Baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah sama-sama memerlukan SDM yang berkualitas dan memiliki kapabilitas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan memajukan daerahnya dengan meningkatkan daya saing daerah. Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik dan menigkatkan daya saing daerah, diperlukan SDM yang mampu memahami bagaimana menciptakan metode pelayanan yang maksimal sehingga dicapai pelayanan yang prima bagi masyarakat dan mampu melihat potensi yang dimiliki daerah kemudian menciptakan inovasi dalam memanfaatkan potensi daerah.
    oleh karena itu sistem SDM sangat berpengaruh besar terhadap suatu organisai.




    0



    0
  24. Dari yang saya baca tentang manajemen dan pengembangan sumber daya manusia ini, dapat disimpulkan bahwa memang benar sekali dan saya sangat setuju jika kualitas manusia sangatlah berperan penting dalam sebuah perusahaan, karna kualitas tersebut yang mempengaruhi perusahaan oitu menjadi lebih baik atau lebih buruk dan dapat mencapai tujuan serta targer yang telah direncanakan oleh perusahaan tersebut.
    dalam perusahaan tentu sangat dibutuhkan orang-orang berkompeten dan memiliki kualitas diri dan manajemen yang baik karna SDM didalam perusahaan tersebut yang menentukan kualitas dari perusahaannya menjadi baik dan terkenal atau menjadi buruk.
    sistem dari management sendiri sangat mempengaruhi seseorang itu memiliki kualitas yang baik maka dari itu sebaiknya kita harus benar-benar memahami arti management itu sendiri baru kita bisa membentuk diri yang berkualitas,karna diri yang berkualitas adalah seseorang yang dapat mewujudkan dan membentuk tim kerjasama yang rukun dan kuat meunuju kesuksesan dan target perusahaan.

    KARMILA
    OM44




    1



    0

Tinggalkan Balasan