PersonalityPreneur | Kepribadian Entrepreneur

Pengantar

Untuk mencapai keberhasilan dalam hidup dan berbisnis, seorang wirausahawan harus memiliki bakat dan pengetahuan, skill serta motivasi yang kuat dalam mencapai target, sasaran dan tujuan dari bisnis yang dibangunnya. Disamping itu, entrepreneur yang handal juga mempunyai karakter sukses yang menonjol, suka belajar dan berkreasi, mencoba hal-hal baru merupakan bagian dari kepribadian wirausahawan yang berpikir maju dan menyukai tantangan.

Kepribadian Seorang Entrepreneur

Berbicara tentang kepribadian entrepreneur, Dr Syahrial Yusuf dalam bukunya Entrepreneurship menulis bahwa dalam sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti yang tertarik untuk mengkaji masalah ini menemukan lebih kurang sembilan tipe kepribadian seorang wirausahawan. Apa saja jenisnya? Berikut ini adalah hasil temuan mereka.

  1. The Improver. Seorang wirausahawan yang memiliki kepribadian jenis ini dalam menjalankan bisnisnya dengan menonjolkan gaya Improver atau selalu ingin memperbaiki. Entrepreneur berkepribadian Improver menggunakan perusahaan dan sumber dayanya untuk memperbaiki dunia. Mereka memiliki integritas dan kemampuan yang kokoh serta beretika tinggi dalam menjalankan bisnisnya. Personality alert (sisi negatif) kepribadian ini adalah cenderung menjadi perfeksionis dan terlalu kritis terhadap karyawan dan pelanggan. Contoh kepribadian entrepreneur ini: Anita Roddick, pendiri The Body Shop.
  2. The Advisor. Tipe kepribadian pebisnis seperti ini bersedia memberikan bantuan dan saran yang tinggi bagi para pelanggannya. Advisor ini memiliki motto pelanggan adalah benar dan kita harus melakukan apa saja untuk menyenangkan mereka. Personality alert dari kepribadian ini, seorang Advisor bisa jadi terlalu fokus pada kebutuhan bisnis mereka dan pelanggan, sehingga cenderung mengabaikan kebutuhan mereka sendiri.
  3. The Superstar. Inilah bisnis yang pusatnya dikelilingi oleh kharisma dan energi tinggi dari sang CEO superstar. Entrepreneur dengan kepribadian ini biasanya membangun bisnisnya dengan personal brand mereka sendiri. Kekurangan kepribadian pebisnis jenis ini adalah mereka menjadi terlalu kompetitif dan workaholics.
  4. The Artist. Kepribadian pebisnis seperti ini biasanya senang menyendiri tetapi memiliki kreativitas yang tinggi. Mereka seringkali ditemukan di bisnis yang membutuhkan kreativitas seperti pada perusahaan agen periklanan, web design, perfilman, seni musik, dll.  Personality alert pebisnis tipe ini bisa jadi terlalu sensitif terhadap respon pelanggan, walaupun kritik dari mereka bersifat membangun.
  5. The Visionary. Sebuah bisnis yang dibangun oleh seorang visioner biasanya berdasarkan visi masa depan dan pemikiran pendirinya. Mereka memiliki keingintahuan yang tinggi untuk mengerti dunia sekeliling mereka dan akan membuat rencana untuk menghindari segala macam rintangan. Personality alert  seorang berkepribadian visioner bisa jadi terlalu fokus pada mimpi mereka dan kurang berpijak pada realitas. Jangan lupa menyertai visi Anda dengan melakukan tindakan nyata. Contoh entrepreneur jenis kepribadian ini Bill Gates, pendiri Microsoft Inc.
  6. The Analyst.  Jika Anda menjalankan bisnis sebagai sebagai seorang analis, perusahaan Anda biasanya memfokuskan pada penyelesaian masalah dengan cara sistematis. Seringkali berbasis pada ilmu pengetahuan, keahlian teknis, atau computerize. Seorang analis perusahaan biasanya hebat dalam memecahkan masalah. Personality alert kepribadian ini, hati-hati dengan kelemahan analisa. Bekerjalah dengan mempercayai orang lain. Contoh Entrepreneur jenis ini seperti: Gordon Moore, pendiri Intel.
  7. The Fireball. Sebuah bisnis yang dimiliki oleh si bola api ini biasanya dioperasikan dengan penuh hidup, energi, dan optimisme. Pelanggan merasa perusahaan Anda jalankan dengan tingkah laku yang fun. Personality alert kepribadian ini, Anda bisa jadi berkomitmen yang berlebihan terhadap tim Anda dan bertingkah laku terlalu impulsif. Seimbangkan keimpulsifan Anda dengan rencana bisnis.
  8. The Hero. Entrepreneur jenis ini memiliki kemauan dan kemampuan yang luar biasa dalam memimpin dunia dan bisnis Anda melalui segala macam tantangan. Anda adalah inti dari kewirausahaan dan bisa mengumpulkan banyak perusahaan besar.  Personality alert: terlalu mengumbar janji dan menggunakan taktik kekuatan penuh untuk mendapatkan sesuatu dengan cara Anda tidak akan berhasil dalam jangka waktu panjang. Untuk menjadi sukses, percayailah keterampilan kepemimpinan Anda untuk menolong orang lain menemukan jalan mereka. Contoh Jack Welch, CEO General Electrics.
  9. The Header. Jika Anda adalah seorang ‘penyembuh’, Anda bersifat pengasuh dan penjaga keharmonisan dalam bisnis. Anda memiliki kemampuan bertahan yang luar biasa dan keteguhan disertai dengan ketenangan dari dalam. Gunakan skenario perencanaan untuk persiapan datangnya masalah.

Penutup

Itulah sembilan tipe kepribadian entrepreneur yang dikenal saat ini. Tentu Anda adalah salah satu dari jenis kepribadian tersebut. Bahkan bisa jadi bahwa jenis kepribadian yang dimiliki oleh seorang entrepreneur merupakan perpaduan dari beberapa kepribadian tersebut diatas.

Didalam menjalankan sebuah bisnis, kepribadian yang dimiliki oleh para entrepreneur menjadi nilai bagi kekuatan dan keunggulan bisnisnya. Hanya yang perlu diperhatikan adalah agar kepribadian yang dimiliki tidak menjadi pengganggu yang dapat menghambat pengembangan bisnis kedepan. Setiap jenis kepribadian tertentu pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Entrepreneur perlu mengenalinya, sehingga sisi negatif suatu kepribadian dapat diubah dan dikontrol dengan baik dan terukur. Jika hal ini dapat dilakukan, maka kepribadian seorang entrepreneur akan memberikan keuntungan bagi perjalanan bisnisnya di masa yang akan datang. Bagaimanapun, gaya (style) suatu perusahaan sangat tergantung dan dipengaruhi oleh pemiliknya dalam menonjolkan diri dengan pesaing. Sampai disini, maka perusahaan akan memperoleh kekuatan dari kepribadian yang serasi dengan visi, misi, sasaran dan tujuan perusahaan.

Demikianlah penjelasan singkat materi kita kali ini tentang entrepreneur series. Semoga bermanfaat dan setiap calon entrepreneur dapat menilai dan melakukan asessment terhadap dirinya sendiri sehingga menemukan seperti apa kepribadian yang dimiliki dan mengembangkanya.

The following two tabs change content below.

Hamdani

Praktisi Bisnis. Konsultan Profesional Bidang Keuangan dan UKM.

Tinggalkan Balasan