LeadPreneurship Usaha Kecil dan Bisnis UKM

Pengantar

Seorang wirausahawan yang potensial adalah mereka yang memiliki semangat dan kemampuan teknis yang memadai. Mentalitas pantang menyerah itulah ciri khasnya. Sikap tersebut terbentuk karena keuletan mereka dalam menekuni usaha secara serius. Bisa dikatakan seorang wirausaha yang memiliki pengetahuan dan keterampilan handal. Namun bekal itu saja tidaklah cukup. Bekal lain yang mesti dimiliki diantaranya adalah kedisiplinan dan kepemimpinan.

Dalam topik kali ini penulis ingin mengulas tentang pentingnya LeadPreneurship Usaha Kecil dan Bisnis UKM. Mengapa hal ini penting? Beberapa alasan barangkali akan menjadi latar belakang diantaranya bahwa dalam mengelola bisnis seorang wirausahawan akan memimpin sekelompok orang sebagai alat untuk mencapai tujuan, minimal dia mampu memimpin diri sendiri. Oleh karenanya mengembangkan elemen-elemen kepemimpinan menjadi wajib bagi wirausahawan.

Apakah LeadPreneurship?

Menurut Dr. Syahrial Yusuf, SE. Dalam bukunya Entrepreneurship mendefinisikan LeadPreneurship yaitu seorang wirausahawan yang memiliki kualitas kepemimpinan yang tinggi di samping memiliki pengetahuan dan keterampilan kewirausahaan. Perpaduan inilah yang disebut LeadPreneurship.

Wirausahawan yang memiliki kualitas LeadPreneurship yang tinggi adalah mereka yang mampu untuk mengubah sumber daya yang sebelumnya bernilai rendah menjadi sumber daya yang bernilai tinggi melalui pengambilan risiko-risiko yang terukur serta kepemimpinan yang efektif.

Bagi seorang LeadPreneur apa yang dilihat oleh orang lain sebagai masalah justru bagi mereka merupakan sebagai peluang. Disinilah mentalitas kepemimpinan mereka diuji dan berperan untuk mengubah masalah menjadi peluang usaha. Lalu bagaimana untuk memiliki dan menjadi LeadPreneurship?

Kepribadian Seorang LeadPreneur

Untuk menjadi seorang LeadPreneur yang berkualitas tinggi harus memiliki beberapa kepribadian sebagai syarat utama, antara lain:

Self-Confident. Seorang wirausaha memerlukan rasa percaya diri yang kuat terhadap dirinya sendiri. Meyakini akan kebenaran dan ketepatan dalam membuat sebuah keputusan yang mempengaruhi perkembangan bisnisnya kedepan. Kepercayaan diri yang berkualitas juga dibutuhkan oleh LeadPreneur karena mereka memimpin orang lain dan mengarahkannya pada pencapaian visi dan misi organisasi bisnis yang telah ditetapkan sebelumnya. Skill kepemimpinan seorang LeadPreneur harus terus terasah dan teruji dalam setiap praktek kepemimpinan dalam menjalankan usahanya. Kepemimpinan bukanlah kata-kata biasa tanpa tenaga tetapi merupakan energi dan kekuatan yang dapat mempengaruhi hasil akhir dari sebuah perjalanan usaha. Oleh sebab itu seorang LeadPreneur abad 21 harus selalu memperbaharui model-model baru dalam praktek kepemimpinannya. Era telah berubah, zaman telah berganti. Kepemimpinan saat ini dituntut untuk mampu memberikan inspirasi bagi yang dipimpinnya. Menciptakan inovasi dalam tata kelola usahanya. Semua prasyarat ini mustahil dimiliki oleh seorang LeadPrenenur yang tidak memiliki pengetahuan, skill kepemimpinan dan tidak percaya diri (self-confident).

Komunikatif. Fungsi kepemimpinan dalam sebuah organisasi bisnis atau suatu unit usaha adalah sebagai pemegang tongkat komando. Ditangannyalah perintah atau intruksi dikeluarkan. Seperti seorang kapten yang dapat memberikan intruksi kepada pilot sebuah pesawat terbang. Bagi seorang LeadPreneur yang handal, skill komunikasi yang baik merupakan senjata ampuh yang dapat digunakan untuk menjembatani gap informasi, memecahkan berbagai masalah, lalu membuat keputusan dan mencairkan suasana kerja. Dengan komunikasi pula seorang Leadpreneur dapat menjangkau pengaruh yang lebih besar dari orang yang dipimpinnya dan menyampaikan setiap ide dan gagasannya agar para bawahannya dengan suka rela mau melaksanakan apa yang diinginkan. Model komunikasi kepemimpinan yang dibutuhkan adalah komunikasi persuasif dan aspiratif.

Berkepribadian Kharismatik (charismatic)

Biasanya, seorang LeadPreneur adalah seseorang yang memiliki wibawa atau mempunyai kharisma yang dapat mempesona orang lain. Dalam hal ini adalah orang-orang yang berada di bawah kepemimpinannya.

Pemimpin yang efektif adalah ketika seseorang mampu menggerakkan orang lain dengan tanpa memerintahkan orang lain dengan “tangan besi”. Kepemimpinan melalui kesederhanaan dan kerendahan hati serta pola pikir yang dianutnya, bukan dari segala atribut dan kekuasaan yang disandangnya.

Penuh Semangat dan Energik

Seorang LeadPreneur, di samping Memiliki kharisma dan karakter yang kuat juga adalah seseorang yang terlihat penuh semangat dan antusias dalam melakukan fungsinya sebagai seorang pemimpin (leader). Mereka harus menjadi sumber energi bagi segenap karyawan yang disampingnya.

Empati

Empati berarti memiliki kemampuan mengidentifikasi serta memahami situasi, perasaan, serta motif yang dimiliki oleh orang lain. Untuk itulah seorang LeadPreneur harus menjadi pendengar yang baik bagi orang-orang disekitarnya. Para karyawan harus dibesarkan hatinya. Dengan kemampuan untuk merasakan apa yang dirasakan oleh para bawahannya, maka kepemimpinannya akan memiliki nilai humanisme dan senang memperlakukan orang lain sebagai bagian dari dirinya, bahkan menganggap mereka sebagai sebuah keluarga besar. Spirit inilah yang dapat menjadikan seorang LeadPreneur akan berhasil dalam kepemimpinannya. Pada akhirnya segala tujuan organisasi atau perusahaan akan mudah dicapai.

Penutup

Demikian beberapa kepribadian yang harus dimiliki oleh seorang LeadPreneur dalam upaya menggerakkan orang lain dalam rangka untuk mencapai visi, misi, sasaran dan tujuan perusahaan yang telah ditetapkan sebelumnya. Penulis berpendapat bahwa atribut seorang LeadPreneur yang efektif adalah mereka yang memiliki hal-hal yang telah disebutkan diatas, disamping wajib memiliki pengetahuan yang luas dan keahlian teknis yang mumpuni dalam bidang usaha yang dijalaninya.

“jika ingin menjadi seorang pemimpin, maka belajarlah lebih dahulu sikap mau dipimpin”. Hamdani

The following two tabs change content below.

Hamdani

Praktisi Bisnis. Konsultan Profesional Bidang Keuangan dan UKM.

23 Replies to “LeadPreneurship Usaha Kecil dan Bisnis UKM”

  1. Berbicara tentang leadpreneurship usaha kecil dan bisnis UKM merupakan suatu hal yang sangat penting dan harus mempunyai ciri – ciri sebagai berikut:
    1) memiliki sikap kepemimpinan
    2) memiliki semangat yang kuat
    3) memiliki kepribadian yang jujur
    Menjadi seorang leadpreneurship merupakan hal yang harus dipelajari, agar mampu untuk menjadi leadpreneurship yang kompeten, baik dari segi ilmu maupun kepribadian yang jujur.
    Selain dari itu, seorang leader harus semangat untuk melaksanakan pekerjaannya. jika tidak memiliki 3 ciri diatas maka tidak menjadi leader yang baik.




    2



    0
  2. LeadPreneurships yaitu seorang yang memiliki kualitas kepemimpinan yang tinggi di samping memiliki pengetahuan dan keterampilan .Wirausahawan LeadPreneurship yang tinggi adalah mereka yang mampu untuk mengubah sumber daya yang sebelumnya bernilai rendah menjadi sumber daya yang bernilai tinggi melalui pengambilan risiko-risiko yang terukur serta kepemimpinan yang efektif. untuk memiliki sifat leadpreneuhip yang tinggi kita harus percaya diri dan meyakini diri kita sendiri , Komunikatif ,memiliki wibawa atau mempunyai kharisma yang dapat mempesona orang lain,memiliki kemampuan mengidentifikasi serta memahami situasi, perasaan, serta motif yang dimiliki oleh orang lain . untuk memiliki sikap seorang pemimpin kita harus belajar dari sikap kepemimpinan .




    2



    0
  3. LeadPreneurships yaitu seorang yang memiliki kepercayaan diri yang kuat, karena pengetahuan yang sangat banyak timbulah ide-ide terbaru.
    kepercayaan diri membuat orang lain memikat terhadap kita.
    dan bisa menjadi seorang pemimpin yang hebat.




    1



    0
  4. LeadPreneurships sangat penting dalam kepemimpian perusahan atau usaha karna selain bisa memimpin dengan baik LeadPreneurships juga dapat membuat kenerja kariawannya semakin membaik yang mana kariawan tidak akan merasa tertekan dan setres karna sikap pemimpin yang tidak mempunyai LeadPreneurships. karana LeadPreneurships adalaha seorang pemipi yang mempunyai kepemimpian yang baik, berjiawa sosial, berpendidikan, berwibaba dan masih banyak lagi yang dapat merubah sumber daya manusia yang tidak kompeten menjadi kompeten




    1



    0
  5. Seorang LeadPreneurship sejati adalah mereka yg mampu melihat masalah sebagai peluang sekaligus tantangan, bekerja secara sistematis dalam mengatasinya, memanfaatkan secara optimal sumber daya yang dimiliki, baik kekuatan pribadi, sumber daya manusia, finansial, infrastruktur, dan sebagainya demi tercapainya visi, misi, tujuan, serta sasaran perusahaan.
    Selain dari yang disebutkan di atas, komitmen tinggi, kreatif-inovatif, keberanian untuk menghadapi resiko serta memiliki tekad untuk bekerja keras harus ada dalam diri seorang pemimpin usaha.




    2



    0
  6. Dalam suatu organisasi, kepemimpinan merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan pencapaian tujuan yang telah ditetapkan oleh organisasi.
    LeaderPreneurship adalah seseorang yang mampu memberikan instruksi, arahan dan kepemimpinan kepada sekelompok individu lain dengan tujuan dapat mencapai hasil yang baik dalam sebuah bisnis.
    Seorang Leadpreneurship yang handal dan berwawasan luas tentunya memiliki beberapa ciri khas yang melekat pada dirinya, yaitu:
    1. Berani
    2. Memiliki rasa percaya diri yang kuat terhadap dirinya sendiri dan kemampuan yang dimilikinya.
    3. Komunikatif, skill komunikasi yang baik merupakan senjata ampuh yang dapat digunakan untuk membuat keputusan dan menyampaikan informasi kepada orang lain.
    4. Kharismatik, merupakan bakat atau keadaan yang dihubungkan dengan kemampuan yang luar biasa dalam hal kepemimpinan
    5. Empati, cara pemimpin yang ditunjukkan dengan kedekatan emosional, dengan kelembutan dan kebersamaan seorang pemimpin dan yang dipimpin dengan menempatkan diri pada keadaan orang lain.
    Dari sekian ciri-ciri yang telah dipaparkan, mari kita munculkan dan tumbuhkan didalam diri kita untuk memiliki beberapa kepribadian dari seorang leadpreneurship.




    1



    0
  7. Dalam suatu organisasi, kepemimpinan merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan pencapaian tujuan yang telah ditetapkan oleh organisasi.
    Leadpreneurship adalah seorang yang mampu memberikan instruksi, arahan dan kepemimpinan kepada sekelompok individu lain dengan tujuan dapat mencapai hasil yang baik dalam sebuah bisnis.
    Seorang Leadpreneurship yang handal dan berwawasan luas tentunya harus memiliki beberapa kepribadian yang melekat pada dirinya, yaitu :
    1. Berani
    2. Memiliki rasa percaya diri yang kuat terhadap dirinya sendiri dan kemampuan yang dimilikinya
    3. Komunikatif, skill komunikasi yang baik merupakan senjata ampuh yang dapat digunakan untuk membuat keputusan dan menyampaikan informasi kepada orang lain.
    4. Kharismatik, merupakan bakat atau keadaan yang dihubungkan dengan kemampuan yang luar biasa dalam hal kepemimpinan.
    5. Empati, cara pemimpin yang ditunjukkan dengan pendekatan emosional, kelembutan dan kebersamaan seorang pemimpin dan yang dipimpin dengan menempatkan diri pada keadaan orang lain.
    Dari sekian ciri-ciri kepribadian yang telah dipaparkan, mari kita munculkan dan tumbuhkan didalam diri kita untuk memiliki beberapa kepribadian dari seorang leadpreneurship.




    1



    0
  8. Jiwa leadpreneurship sangat diperlukan dalam sebuah organisasi.
    pada dasarnya leader merupakan seseorang yang memimpin suatu kelompok atau organisasi. Namun setiap orang mampu menjadi seorang pemimpin, semua dapat terlihat dari personality yang terpancar dan juga sikap seseorang. Seorang leader adalah pribadi yang mendidik, mengajari, bukan yang hanya memerintah. Memiliki jiwa pemberani, yaitu berani dan tegas dalam mengambil sebuah keputusan dan telah mempertimbangkannya dengan baik.
    Intinya tidak harus menjadi seorang atasan dalam suatu kelompok jika ingin memiliki jiwa kepemimpinan, karena itu semua dapat terpancar dengan sendirinya dengan menerapkan jiwa leadership itu dalam kehidupan.




    1



    0
  9. leadpreunership merupakan seorang pribadi yang memiliki kecakapan dan kelebihan, khususnya kecakapan/ kelebihan di satu bidang sehingga dia mampu mempengaruhi orang-orang lain untuk bersama-sama melakukan aktivitas-aktivitas tertentu demi pencapaian satu atau beberapa tujuan.
    Seorang Leadpreneurship yang handal dan berwawasan luas tentunya harus memiliki beberapa kepribadian yang melekat pada dirinya, diantaranya yaitu;
    -Berani
    -memiliki rasa percaya diri
    -dapat di percaya




    1



    0
  10. Seorang Leadpreneur biasanya adalah juga orang yang karismatik (Charismatic), yang dapat ‘memesona’ orang lain. Ini tidak berarti seorang Leadpreneur identik dengan kemampuannya untuk berbicara dengan berapi-api. Pemimpin yang efektif tidak dapat diukur dari kepiawiannya berpidato. Yang jauh lebih penting adalah kepemimpinan melalui kesederhanaan dan kerendahan hati serta pola pikir yang dianutnya, bukan dari segala bentuk atribut lain yang disandangnya.
    Di samping karisma, Leadpreneur adalah seseorang yang antusias, selalu penuh dengan semangat setiap kali melakukan sebuah pekerjaan serta memiliki stamina (Energetic). Ia harus menjadi sumber enerji bagi karyawan yang dipimpinnya.
    Silvia Giovany
    KS-37




    0



    0
  11. Sebagai leadpreneurship, harus mempunyai jiwa cekatan dan profesional, sebab dengan begitu, suatu usaha akan maju dan konsumen pun terpuaskan dengan layanan yang di berikan kepada mereka. Seorang leadpreuneur juga mempunyai sikap karismatik sehingga tertarik bagi yang melihatnya, mempunyai wawasan tentang dunia usaha sehingga bisa mengatur dengan baik, mendidik dan mengajari, bukan hanya mengomentari saja, dan juga leadpreneurship tidak harus pandai berbicara di depan umum, cukup membuktikan dengan layanan yang terbaik.
    Kepribadian yang harus ada pada leadpreneurship adalah.
    Berani, nekat, jujur, adil, karismatik, pandai, dan mudah bergaul.




    0



    0
  12. seorang leadpreneurship adalah seseorang yang memiliki keberanian dan mental yang tinggi karna dia berperan sebagai komando dari pasukannya, ia harus mampu memberikan motivasi, mampu memberikan semangat kepada karyawannya dan mampu menjalin persahabatan dan kekeluargaan dengan seluruh karyawannya. seorang leader yang baik akan tercermin dari prilakunya. Mempengaruhi orang lain tidak sama dengan memerintah, seorang atasan akan diikuti oleh bawahannya karena dia adalah atasan mereka, kalau ini yang terjadi bukanlah mempengaruhi melainkan diikuti karena jabatannya. Pengaruh adalah orang lain mau mengikuti tanpa ada rasa terpaksa, pengaruh itu datangnya dari :

    Karakter : Siapa mereka
    Hubungan : Siapa yang mereka tahu
    Pengetahuan : Apa yang mereka tahu
    Komunikasi : Bagaimana mereka berhubungan
    Passion : Apa yang mereka rasakan
    Pengalaman : Dari mana mereka
    Kesuksesan masa lalu : Apa yang telah mereka lakukan
    Kemampuan : Apa yang mereka dapat lakukan

    Faktor diatas bersama – sama dengan kuantitas yang berbeda beda dari masing – masing diatas, yang membuat seseorang menjadi leader. Walaupun setiap orang mempunyai kadar campuran yang berbeda, tetapi hasilnya sama, yaitu orang akan mengikuti mereka.




    0



    0
  13. Leadpreneurship adalah perpaduan antara keterampilan kewirausahaan (entreneurship) dan kualitas kepemimpinan (leadership).Wirausahawan adalah penggerak roda perekonomian suatu negara. Mereka mampu menciptakan banyak lapangan kerja baru sehingga membantu upaya pemerintah mengurangi masalah pengangguran dan kemiskinan.Kepercayaan diri yang tinggi (Self-confident) harus dimiliki oleh seorang Leadpreneur. Dia harus mengenali dirinya sendiri serta yakin akan pengetahuan, keterampilan dan visi yang dimilikinya dalam rangka membantu mewujudkan cita-cita dirinya dan organisasi. Seorang Leadpreneur juga harus membekali dirinya dengan kemampuan memanfaatkan (Utilize) secara optimal segala potensi serta sumber daya yang dimiliki.selain membekali diri dengan kekampuan memanfaatkan semua potensi yang ada seorang entrepreneurship juga harus memiliki seni dalam memimpin. Seni yang dimaksudkan bukanlah tarian dan lagu daerah melainkan cara mengatur dan mengayomi semua kalangan dalam suatu organisasi , seperti sikap sopan dan saling menghargai antara atasan dan bawahan karena takkan bisa maju usaha tersebut tanpa ada komunikasi yang baik antara kedua belah pihak.




    0



    0
  14. Leadpreneurship adalah penggabungan antara keterampilan kewirausahaan dan sikap kepemimpinan . Mereka mampu menciptakan banyak lapangan kerja baru sehingga membantu upaya pemerintah mengurangi masalah pengangguran dan kemiskinan.Semakin banyak para wirausaha , maka angka pengangguran dinegeri ini akan berkurang. Kepercayaan diri yang tinggi adalah salah satu sikap penting harus dimiliki oleh seorang Leadpreneur. Dia harus mengenali dirinya sendiri serta yakin akan pengetahuan, keterampilan dan visi yang dimilikinya dalam rangka membantu mewujudkan cita-cita dirinya dan organisasi. Seorang Leadpreneur juga harus membekali dirinya dengan kemampuan memanfaatkan atau mengolah secara optimal segala potensi serta sumber daya yang dimiliki.selain membekali diri dengan kekampuan memanfaatkan semua potensi yang ada seorang entrepreneurship juga harus memiliki seni dalam memimpin. Seni yang dimaksudkan bukanlah tarian dan lagu daerah melainkan cara mengatur dan mengayomi semua kalangan dalam suatu organisasi , seperti sikap sopan dan saling menghargai antara atasan dan bawahan karena takkan bisa maju usaha tersebut tanpa ada komunikasi yang baik antara kedua belah pihak.




    0



    0
  15. lead preneurship merupakan kunci dalam menjalankan suatu usaha untuk menyuseskan visi dan misinya , seorang pemimpin harus mampu membuat pengikutnya menjadi satu pola pikir ” menyatukan satu visi dan misi dalam menjalankan aktivas walaupun mempunyai peran yang berbeda ” , kedisiplinan , kejujuran , semangat , integritas ,karakteristik, dll , menjadi kunci dalam kepemimpinan . karena pemimpin dituntun untuk mampu berpikir mengubah hal tidak bernilai menjadi nilai didalam usaha karena semakin berkembangnya zaman semakin bersaing dalam memproduksi barang – barang yang berkulaitas tinggi sesuai dengan era saat ini . ketika suatu perkara terjadi atau permasalahan harus memutuskan sebuah tindakan bukan untuk kepentingan dan ego ” boleh tidak sependapat dengan bawahan jika melenceng dengan visi dan misi perusahaan , seperti mengajak korupsi bersama dan pepimpin boleh untuk ego dan tidak setuju dengan pola pikir bawahannya” ; Manajemen , organisasi dan usaha bisinis yang efektif muncul dari seorang pemimpin yang mampu menyusun dan mengkoordinasikan pengikutnya , usahanya , dan bisnisnya dalam menciptakan produk- produk yang baru dan berkualitas tinggi , semua itu tidak lepas dari team work.




    0



    0
  16. Dalam menjalankan suatu usaha yang kita pimpin maka yang harus kita tanamkan dalam diri kita yaitu sifat leadership, karena jika kita tidak memiliki sikap tersebut maka kita tidak bisa mengambil keputusan dan mengatasi semua yang berkaitan dengan prusahaan, Karena sikap sejatinya seorang leadership yaitu bijaksana dalam mengambilm keputusan, tangguh dalam menyikapi masalah, dan pandai dalam mengayomi anggotanya.




    0



    0
  17. leadpreneurship sangat dibutuhkan dalam berbisnis. Seorang leader (pemimpin) adalah seseorang yang memiliki semangat tinggi, sikap pantang menyerah dan mampu berkomunikasi dengan baik. Seseorang dengan jiwa kepemimpinan, bukan hanya mampu mensugesti anggota tim nya untuk terus berkomitmen dengan pekerjaan namun juga mampu mengayomi anggota tim nya untuk terus berusaha dalam mencapai misi dan visi yang mereka tuju. seorang leader akan menjadi cerminan bagi anggotanya dalam bekerja, apabila seorang leader tidak memiliki sikap yang dapat menjadi cerminan bagi anggotanya maka organisasi tersebut tidak akan bisa menjalankan visi dan misi nya sesuai dengan tujuan perusahaan. Sebaliknya, apabila seorang leader memiliki sikap yang menjadi cerminan bagi anggotanya maka visi dan misi organisasi akan dengan mudah tercapai.
    untuk itu kita sangat membutuhkan sikap leadpreneurship dalam diri kita, bukan hanya untuk kehidupan berorganisasi tapi juga dalam kehidupan sehari-hari.
    Dengan belajar leadpreneurship kita akan mengetahui bagaimana menjadi seorang pemimpin yang bukan hanya memiliki kecerdasan namun juga memiliki sikap yang mampu mengarahkan serta menggerakkan perusahaan untuk mencapai visi dan misi nya.




    0



    0
  18. menjadi pemimpin itu tidak harus kita yang memiliki jabatan tinggi , karena menjadi pemimpin itu sudah berasal dari diri kita sendiri soul kita jadi tinggal kita asah lebih tajam lagi , jadi sebetulnya Leadpreneurship adalah kunci kesuksesan kita untuk mengayomi dan mengatur karyawan di bawahnya lebih baik lagi dan menjadi panutan dari bawahannya




    0



    0
  19. menurut saya, pemimpin yang di hargai atau di segani itu, iya lah pemimpin yang juga bisa menghargai bawahannya.
    selain itu, bagi saya seorang pemimpin itu juga mau untuk mengayomi bawahannya, mengerti tentang bawahannya.. dan mampu mengambil keputasan yang baik dan bijak. pemimpin juga harus memahami bisnis yang sedang di jalankan.




    0



    0
  20. Bagi seorang pemimpin yang memiliki jiwa entrepreneurship, mereka cenderung Idealisme berdikari, atau berdiri di atas kaki sendiri, menunjukkan semangat yang tinggi untuk tidak mau bergantung kepada orang lain, suka bekerja keras, sikap juang dan keuletan yang tinggi. pantang menyerah, tabah menghadapi cobaan, dan yang paling penting yaitu mereka akan memperlihatkan kepada orang lain bahwa mereka adalah seorang yang mandiri. Seseorang yang berjiwa entrepreneurship tentunya akan mempunyai sifat-sifat antara lain : percaya diri, berorientasikan tugas dan hasil, pengambilan risiko, kepemimpinan, keorisinilan, berorientasi ke masa depan serta jujur dan tekun. Sifat-sifat ini kalau dimiliki oleh seorang pemimpin, akan semakin dahsyat efeknya terhadap masyarakat dan lingkungannya.




    0



    0
  21. Orang yang memiliki kualitas Leadpreneurship adalah mereka yang mampu untuk mengubahsumberdaya yang tadinya bernilai rendah menjadi sumberdaya yang bernilai tinggi melaluipengambilan resiko-resiko yang terukur serta kepemimpinan yang efektif.Leadpreneur melihat masalah sebagai peluang. Seorang Leadpreneur sejati tidak hanya melihatpeluang tetepi juga memilih-milih peluang yang yang memang layak untuk dimanfaatkan.




    0



    0
  22. Seorang leader adalah pribadi yang mendidik, mengajari, bukan yang hanya memerintah. Memiliki jiwa pemberani, yaitu berani dan tegas dalam mengambil sebuah keputusan dan telah mempertimbangkannya dengan baik.
    Leaddership juga harus memiliki rasa empati yang baik terahadap sesama dan mampu mengatur segala nya dengan baik.
    seorang leader yang baik akan tercerminkan dari prilaku nya dan cara dia berfikir,jadi jadilah seseorang leader yang di siap di pimpin dan mnjadi pemimpin yang baik.




    0



    0
  23. Mengenai Seorang Leader adalah Seorang yang memiliki Sifat yang bisa menarik atau mempengaruhi seseorang untuk menjadi lebih baik. Selain itu Leader juga harus memiliki Pengetahuan, dan memiliki sifat percaya diri yang tinggi, bisa menerima pendapat orang lain ( Tidak Egois ) dalam mengambil / menerima keputusan. Biasanya Seorang Leader Terlihat atau mencerminkan Sifat Etika Dan akhlak yang baik kepada anggotanya.




    0



    0

Tinggalkan Balasan