Pengertian Manajemen dan Organisasi

Kata Manajemen merupakan kata serapan dari kata bahasa Inggris “Management”, dalam bahasa Indonesia padanan kata yang cocok adalah “Tata Laksana” yang berarti Pengaturan atau Cara kerja. George R.Terry berpendapat bahwa “Manajemen adalah pencapaian tujuan (organisasi) yang sudah ditentukan sebelumnya dengan mempergunakan bantuan orang lain”. Dengan makin berkembang pola pikir manusia dan semakin besar atau mahal biaya-biaya operasional organisasi, membuat manusia (kita) perlu menata ulang kebijakan dalam bekerja untuk lebih efisien dan efektif.

Berdasar pandangan tersebut, manusia akan lebih banyak bekerja dengan sarana pendukung (alat-alat) kerja daripada dengan manusia lainnya agar lebih cepat dan lebih baik hasil produk (Barang atau Jasa)nya. Pengaturan dan kerja sama (satu) manusia dengan sarana pendukung (alat) kerja dapat termasuk dalam pengertian manajemen.

Dalam buku ini, penulis berpendapat Manajemen didefinisikan sebagai “Pengaturan dan kerja sama unsur- unsur manusia dengan manusia dan sarana pendukung (alat- alat)untuk mencapai tujuan (organisasi ) secara efektif dan efisien”. Definisi tersebut memberikan pemahaman perlunya penataan (para) manusia dan sarana pendukung yang bekerja secara efektif dan efisien dalam suatu organisasi guna mencapai tujuan yang ditentukan untuk dicapai /diraih.

Kata Organisasi merupakan kata serapan dari kata bahasa Inggris “Organization”, yang artinya mengatur atau kumpulan sesuatu yang diatur bekerja sama. Jadi pengertian Organisasi ini adalah “Kumpulan manusia dan sarana pendukung yang diikat pada suatu kesatuan untuk mencapai tujuan bersama”. Agar organisasi dapat beroperasi dengan lancar, perlu ada manusia yang mengatur organisasi itu sesuai dengan pengertiannya yang diistilahkan Manajer. Manajer merupakan “Manusia yang melakukan atau melaksanakan semua fungsi manajemen yang diarahkan kepada pencapaian
tujuan organisasi”.

Baca: Aplikasi Manajemen Perusahaan. Lentera Ilmu

The following two tabs change content below.

Hamdani

Praktisi Bisnis. Konsultan Profesional Bidang Keuangan dan UKM.

Tinggalkan Balasan