Dimensi Manajemen | Management Principles

Pandangan para pakar Manajemen dapat dikelompokkan
sebagai berikut :

  1. Manajemen sebagai suatu proses kerja sama dari dua orang atau lebih.
  2. Manajemen sebagai suatu seni mencapai tujuan dari dua
    orang atau lebih.
  3. Manajemen sebagai ilmu mempelajari kerja sama dua
    orang atau lebih untuk mencapa tujuan bersama.
    Pandangan penulis :

Manajemen sebagai ilmu mempelajari dan seni proses kerja sama manusia dengan manusia dan sarana pendukung (alat-alat) untuk mencapai tujuan.

Ad. Manajemen sebagai suatu Proses kerja sama.
Jika (para)manusia berkumpul untuk mencapai tujuan
bersama pasti akan terjadi suatu proses kerja sama agar tujuan tercapai. Dengan pandangan ini, akan banyak aktifitas yang dikerjakan melalui beragam tahapan sehingga tujuan yang akan dicapai menjadi fokus kajian dan anlisis dari para pakar manajemen. Manajemen sebagai suatu proses ini memberikan pemahaman akan pentingnya dinamika Organisasi.

Ad. Manajemen sebagai suatu Seni. Penetrapan atau pelaksanaan berbagai tehnik dan fungsi manajemen didalam organisasi yang berbeda-beda antara satu organisasi dengan organisasi lainnya ini merupakan suatu (ketrampilan)seni. Karena setiap peristiwa / kejadian yang muncul dipengaruhi berbagai faktor yang banyak, luas, dan rumit maka akan membuat satu manajer dalam mengambil keputusan organisasi dapat berbeda dengan manajer lainnya. Perbedaan gaya, pemikiran dan filosofi manajer akan mempengaruhi pola kinerja yang di terapkan.

Ad. Manajemen sebagai suatu Ilmu. Jika Ilmu didefisikan suatu pengetahuan yang terorganisir dan yang sistematis sebagaimana yang dijelaskan oleh M. Nazir dalam buku berjudul Metode Penelitian maka Manajemen dapat dikatakan sebagai Ilmu. Para pakar Manajemen dan para manajer dapat memberikan definisi, menganalisis, menguji, dan mengukur berbagai fenomena / kejadian dan perilaku manusia kemudian menyimpulkannya sehingga dihasilkan suatu teori, yaitu Teori Manajemen.

Baca: Aplikasi Manajemen Perusahaan. Lentera Ilmu

The following two tabs change content below.

Hamdani

Praktisi Bisnis. Konsultan Profesional Bidang Keuangan dan UKM.

Tinggalkan Balasan