7 Peluang Usaha Dengan Modal Kecil

SahabatPreneur yang budiman. Memiliki sebuah bisnis yang mudah dilakukan dan menguntungkan merupakan impian setiap calon wirausaha muda. Ide bisnis yang banyak dan sempurna belum tentu menjamin bahwa bisnis tersebut bakal berhasil di pasar. Ada banyak faktor yang mempengaruhinya.

Menentukan jenis peluang usaha yang bisa dilakukan dalam waktu cepat dengan modal kecil tentu menjadi prioritas rencana yang strategis bagi wirausaha pemula yang mau mencoba merintis sebuah bisnis. Namun, kebanyakan calon wirausaha justru lebih menginginkan sebuah ide bisnis yang “wah” dan mewah untuk mereka jalankan. Mereka seakan lupa bahwa dalam merintis usaha bukanlah mencari popularitas semata seperti halnya seorang artis. Akan tetapi membangun cita-cita. Sebab itu, maka cukup memilih ide bisnis yang sederhana, peluang pasarnya tinggi dan membutuhkan modal yang kecil. Pertanyaannya, apakah ada?

Berikut ini penulis ingin memaparkan 7 peluang usaha dengan modal kecil bagi wirausaha pemula, bahkan sangat tepat peluang usaha bagi mahasiswa.

Satu: Usaha Les Privat

Peluang usaha ini bergerak dibidang jasa. Modal utama yang dibutuhkan pada peluang usaha ini adalah Anda memiliki ilmu dan pengetahuan yang cukup bahkan sangat ahli dalam bidang jasa yang Anda tawarkan. Misalnya Anda yang sedang kuliah di jurusan komputer, Anda bisa menawarkan jasa kursus/les privat aplikasi komputer. Anda yang jago matematika bisa menjual jasa les/kursus privat pelajaran matematika.

Mengapa les privat? Karena Anda tidak perlu menyediakan fasilitas tempat belajar. Anda hanya perlu membuat jadwal/skedul belajar bersama klien Anda. Biasanya les privat/kursus dilakukan di rumah klien dan pada jam belajar yang disepakati bersama. Selain tidak mengeluarkan modal investasi yang besar. Anda juga bisa mengatur waktu kuliah Anda (jika masih berstatus mahasiwa).

Kedua: Membuat/menjual aksesoris

Sesuai namanya, aksesoris adalah atribut pelengkap bagi suatu objek. Misalnya aksesoris pakaian, maka produknya seperti bross, pin, dasi, dan mungkin juga perhiasan. Produknya biasanya berukuran kecil (proporsional) dan fungsinya pun sebagai penambah daya tarik. Meskipun bukan kebutuhan utama tetapi tanpa aksesoris seperti sayur tanpa bayam..hehe, eh tanpa garam.

Produk aksesoris ini bisa Anda buat sendiri dengan kreasi unik dan menarik atau Anda bisa membeli dari produsen lain dan menjualnya baik offline maupun online. Tergantung siapa target pasar Anda.

Peluang bisnis ini tergolong prospektif karena aksesoris selalu dibutuhkan oleh mereka yang sangat memperhatikan penampilannya. Selain itu peluang usaha ini tidak membutuhkan modal besar. Anda bisa membuat showroom atau etalase unik di kamar Anda sendiri. Bahkan saat Anda mau menjual pun bisa dibawa dengan sangat mudah. Kekuatan bisnis ini adalah aksesoris yang Anda tawarkan harus selalu up-to-date mengikuti tren mode. Modal utama yang diperlukan adalah Anda memiliki jiwa seni dan artistik yang kuat. Sebab itu Anda harus selalu membaca majalah-majalah mode agar pengetahuan Anda tentang fashion dan lainnya menjadi value yang bisa Anda padukan dengan produk.

Ketiga: Jual kartu internet dan pulsa

Peluang bisnis ini selalu terbuka lebar sampai saat ini. Di mana setiap orang sudah menggunakan handphone. Meskipun permintaannya masih tinggi, namun tingkat persaingan pun cukup ketat. Bila kita perhatikan, hampir setiap sudut lorong, warung-warung sudah menyediakan produk ini. Akan tetapi pola menjual yang mereka lakukan sangat pasif, mereka hanya menunggu pembeli datang ke tempat penjualannya. Nah, Anda bisa menjadikan kelemahan sistim pemasaran mereka dengan penjualan aktif yang Anda lakukan. Mulailah dari lingkungan terdekat Anda. Tawarkan kepada teman-teman sekitar dulu sampai mereka menjadi pelanggan tetap Anda.

Modal yang dibutuhkan pun tidak terlalu besar, untuk bisnis pulsa Anda cukup deposit Rp100 ribu di tahap awal. Jika sudah mulai meningkat permintaannya, Anda bisa melipatgandakan hasil penjualan menjadi modal kembali. Sedangkan untuk kartu internet, Anda bisa bekerjasama dengan orang lain, peluang menjadi reseller juga sangat bagus. Jadi sangat mudah apalagi setiap Anda mempunyai hanphone sendiri sebagai alat kerja. Mengapa tidak digunakan sebagai ladang pendapatan.

Keempat: Menjual buku bacaan

Tahukah Anda? Saat ini banyak sekali lahir penulis-penulis muda berbakat di Indonesia. Karya mereka kaya akan pengetahuan baru dan sangat kreativ dalam menulis, ide-ide brialian mereka tuangkan dalam buku-buku mereka. Belum lagi desainnya yang sangat menarik dan mengundang selera orang untuk membaca isi bukunya.

Perubahan minat baca dikalangan generasi muda juga saat ini tergolong bagus meskipun kata para pengamat pendidikan, minat baca orang Indonesia masih kalah bila dibandingkan dengan negara maju. Ya jelas beda dong, wong dibandingin dengan negara maju. Hehe. Tetapi penulis ingin katakan bahwa transformasi ini melahirkan peluang usaha. Bukan hanya sebagai penulis, menjadi penjual buku-buku best seller pun sangat menguntungkan. Apalagi jika Anda sendiri juga memiliki hobi membaca.

Lalu bukunya darimana kita peroleh? Nah ini, bekerjama dengan toko buku terdekat itu strategi yang paling mudah dilakukan. Anda hanya perlu kenal dengan pemilik toko buku, mendatanginya dan mengajak kerjasama dengan skema tertentu. Namun jika Anda memiliki link (jaringan) dengan penerbit tentu sangat bagus sekali. Jika pun tidak ada yang Anda kenal, masih ada cara lain yaitu bergabung dalam sebuah afiliasi pemasaran (marketing affiliate). Anda bisa googling di internet untuk mencari penulis buku yang menjual karyanya dengan sistim afiliasi.

Kelima: Jasa pengetikan

Sebagai mantan mahasiswa, penulis sudah merasakan dan berpengalaman dalam hal pengerjaan tugas yang diberikan oleh dosen-dosen saya. Pada umumnya tugas yang diberikan berupa penulisan sebuah makalah/artikel. Nah, sebagai mahasiswa dari keluarga sederhana dan hidup mandiri di indekost, saya tidak memiliki perangkat komputer sendiri yang bisa penulis gunakan untuk menyelesaikan tugas tersebut. Tindakan yang bisa kita lakukan jika dalam kondisi diatas adalah mencari toko atau tempat rental komputer.

Namun, saat ini saya melihat sudah banyak mahasiswa walaupun indekost tetapi sudah memiliki fasilitas komputer (biasanya jadi pajangan aja ya). Nah kenapa tidak dimanfaatkan untuk menerima jasa pengetikan. Pekerjaan ini tergolong mudah, apalagi Anda yang sudah mahir mengetik sepuluh jari atau dengan kecepatan 250-500 kata per menit. Ini ladang uang lho!

Keenam: Jasa servis komputer/laptop/HP

Peluang usaha ini tergolong besar. Dengan kebiasaan orang negara berkembang yang senang memperbaiki barangnya yang rusak ketimbang menggantikan dengan yang baru. Seperti penulis katakan tadi, saat ini hampir semua orang dirumahnya sudah terpasang komputer sebagai penunjang kerjanya. Pada umumnya mereka adalah pengguna yang tidak memahami teknis mekanikalnya. Jika rusak tidak tahu cara memperbaikinya.

Jika Anda mempunyai tempat usaha tetap tentu sangatlah bagus, namun jika pun tidak, Anda cukup menyediakan jasa Anda dengan panggilan ke rumah-rumah mereka atau kantor-kantor yang membutuhkan jasa Anda. Tinggal Anda melakukan kegiatan promosi dan memiliki skill yang bagus sebagai repairmen. Murah dan mudah bukan?

Pengalaman penulis, setiap saat ketika penulis mengalami kerusakan pada PC/Laptop sering kuwalahan mencari tempat servis yang cepat selesai pengerjaannya. Lho kenapa bisa? Ya..karena barang yang kita bawa tidak langsung bisa dikerjakan. Tapi menunggu antrian dulu. Bahkan baru bisa selesai dalam waktu seminggu. Kebayangkan bagaimana rasanya menunggu?

Ketujuh: usaha catering

Penulis sering menyampaikan ide aneh kepada mahasiswa yang mengikuti kelas kewirausahaan. Kebetulan rata-rata mereka adalah perantau atau indekost. Misanya ide menjual mie instan, rokok, deterjen bahkan telur di kamar kost kita. Rasanya ide tersebut masuk akal dan marketable. Sebagai mantan anak kost selama 15 tahun, penulis sering merasakan saat-saat diserang rasa lapar dan rumahnya jauh dari warung ataupun kios. Solusinya pinjam stok makanan teman dulu nanti saat sudah belanja baru digantikan. Yang paling repot adalah ketika sedang mengerjakan tugas waktu tengah malam. Wow…..mana stok makanan pada teman-teman sudah habis. Kebayang tidak bagaimana sengsaranya?

Bagi Anda yang kreatif dan jeli melihat peluang usaha, masalah seperti ini bisa Anda ubah menjadi bisnis. Anda bisa beli mie instan, telur dll dalam jumlah banyak dan pasarkan ke teman-teman di kost. Lebih mantap lagi adalah Anda menyediakan jasa masak atau catering. penulis yakin sekali peluang bisnis seperti ini jarang dipikirkan oleh mahasiswa yang status indekost. Lalu kenapa tidak Anda coba?

SahabatPreneur yang baik hatinya. Itulah tujuh peluang usaha dengan modal kecil yang pantas Anda jalankan agar kemampuan berbisnis Anda semakin terasah dan teruji. Semoga ada manfaatnya. Terima kasih bagi Anda yang telah berkunjung di blog ini dan telah membaca artikel ini. Hendaknya kesuksesan menjadi milik Anda.

The following two tabs change content below.

Hamdani

Praktisi Bisnis. Konsultan Profesional Bidang Keuangan dan UKM.

Tinggalkan Balasan