Cara Sukses Berbisnis Sambil Kuliah

Menarik sekali jika kita membaca sebuah cerita sukses (success story)  yang berhasil ditorehkan dan dicatat dengan tinta emas tatkala seorang mahasiswa tiba-tiba menjadi ikon atau model sukses berbisnis sejak masa perkuliahan. Sebut saja salah seorang mahasiswa dari sebuah perguruan tinggi negeri di Makassar mampu meraih omset penjualan bisnisnya mencapai dua milyar per tahun yang beberapa bulan yang lalu profilnya di blow-up dengan headline news surat kabar ternama dan di relay oleh media online berpengaruh di Indonesia. Bagaimana bisa?

Tentu bisa!  Karena bagi orang yang senang berbisnis, melakukan kegiatan usaha bukanlah pekerjaan yang menyulitkan dan membosankan. Justru merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan dan menantang. Sebaliknya bagi orang yang tidak suka tantangan dan cenderung menjauhi kesulitan, maka membangun usaha (bisnis) merupakan pekerjaan yang sangat sulit dan sangst ditentangnya dengan berbagai alasan. Katanya lebih nyaman menjadi karyawan. Lalu darimana kita mulai? Berikut langkah-langkahnya.

Ide Bisnis

Membangun sebuah bisnis sambil kuliah bisa dikatakan bukanlah perkara mudah. Tentu memiliki kesulitan tersendiri. Namun dengan motivasi yang kuat kesulitan sebesar apapun dapat diatasi. Karena motivasi yang ada lebih besar dari kesulitan yang dihadapi.

Kesulitan pertama sekali yang bakal dihadapi oleh mereka yang terjun berbisnis sambil kuliah adalah tentang ide bisnis apa yang cocok untuk dijadikan sebagai usaha yang layak dijalankan tanpa mengganggu perkuliahan.

Dalam hal memilih ide bisnis yang tepat, calon wirausaha yang mau berbisnis sambil kuliah perlu mempertimbangkan beberapa faktor sebagai berikut:

Market

Bisnis yang baik dan layak dijalankan adalah ide bisnis yang produknya dibutuhkan dan diinginkan oleh pasar (market). Maknanya bahwa produk yang ditawarkan ada permintaan pasar (komsumen). Gejalanya dapat dilihat dengan bagaimana tren permintaan pasar, apakah meningkat atau menurun dari waktu ke waktu. Informasi permintaan pasar dapat diperoleh dengan cara apa saja. Misalnya: melakukan pengamatan (observasi), melakukan survey kecil-kecilan di sekitar lingkungan terdekat pasar. Percuma menawarkan produk yang berkualitas tetapi tidak ada permintaan pasar.

Ide bisnis berdasarkan tren permintaan pasar memang ada plus minusnya apalagi jika tren pasar yang diikuti justru sudah terjadi persaingan ketat. Artinya pesaing yang menawarkan produk tersebut sudah terlalu banyak. Maka sebaiknya hindari menawarkan produk yang memiliki tingkat persaingan yang tinggi apalagi Anda sebagai pemain pemula.

Prospektif

Selain ide bisnis harus yang produknya ada permintaan pasar, memikirkan ide bisnis yang mempunyai masa depan cerah dalam jangka panjang juga hal yang patut menjadi pertimbangan. Karena membangun sebuah bisnis bukanlah untuk sehari atau seminggu. Tetapi diharapkan bisnis tersebut akan hidup dan berkembang sepanjang waktu atau terus menerus tanpa batas waktu. Bila perlu sampai bisnis tersebut dapat diwariskan kepada anak cucu.

Salah satu contoh bisnis yang tidak memiliki prospek jangka panjang atau tidak prospektif adalah bisnis atau produk yang ditawarkan bersifat musiman. Misalnya; bisnis yang hanya dilakukan pada waktu tertentu saja, katakanlah saat-saat bulan puasa, ramai-ramai menjual kue/makanan berbuka. Namun setelah bulan puasa berlalu bisnis pun tinggal landas alias tutup.

Bisnis yang memiliki prospek jangka panjang di masa depan dan selalu dibutuhkan sepanjang waktu adalah bisnis yang menawarkan produk-produk kebutuhan primer masyarakat. Misalnya bisnis pendidikan, pakaian, kesehatan, pangan bahkan sebagian yang dulunya dianggap kebutuhan pelengkap, sekarang beralih menjadi kebutuhan pokok. Contohnya: handphone, salon kecantikan, perawatan tubuh, dll. Yang perlu dipertimbangkan dalam hal ini adalah bagaimana bisnis yang kita tawarkan memiliki nilai tambah (value added) dan keunikan (deferensiasi) dengan produk yang sudah lebih dulu ada di pasar.

Bisa Dikerjakan

Banyak ide bisnis pada akhirnya hanya menjadi ide brilian saja tanpa mampu untuk direalisasikan. Pada tahap awal, ide bisnis yang ada tidak perlu muluk-muluk karena pada fase ini kita masih dalam proses belajar dan menemukan pola. Sebab itu, ide bisnis yang bagus adalah yang dapat direalisasikan dalam waktu dekat, mengingat Anda masih mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk menyelesaikan kuliah. Tidak masalah bisnis Anda kecil-kecilan, yang terpenting adalah Anda bisa mengerjakannya sambil kuliah.

Selain itu, secara teknis juga usaha ini tidak membutuhkan keahlian tinggi dan teknologi super canggih untuk menghasilkan produk. Mudah dilaksanakan dimana pun Anda berada saat itu. Tidak terikat dengan sistim produksi yang melekat pada suatu tempat. Atau proses produksinya harus dilakukan pada tempat khusus. Barangkali bisnis dibidang perdagangan dengan sistim online pas untuk contoh diatas.

Hambatan lain dalam melaksanakan sebuah bisnis sehingga tidak bisa diimplimentasi adalah karena kebutuhan modal awal (investasi) yang sangat besar sehingga tidak mencukupi dari tabungan yang ada. Namun pilihlah bisnis yang modalnya kecil sehingga bisnis tersebut bisa dilaksanakan.

Itulah beberapa faktor yang harus dipertimbangalkan oleh calon wirausaha yang mau berbisnis sambil kuliah dalam memilih ide bisnis. Nah sekarang ketika Anda sudah menemukan ide bisnis yang tepat, maka langkah selanjutnya adalah Anda harus memiliki:

Ilmu Bisnis

Dalam konteks ini penulis teringat dengan sebuah hadits Rasulullah yang maksudnya kira-kira “jika kalian ingin meraih kehidupan dunia, maka milikilah ilmu dan barangsiapa ingin mencapai kehidupan akhirat juga raihlah dengan ilmu. Dan barangsiapa ingin meraih kedua-duanya maka juga dengan ilmu”. Dari nasehat tersebut jelas sekali bahwa apapun yang ingin kita raih dan capai mestilah memiliki ilmunya. Begitu juga jika ingin sukses berbisnis sambil kuliah juga Anda harus memiliki ilmu bisnis.

Beruntung bagi mahasiswa yang mau sukses berbisnis sambil kuliah yang belajar di sekolah-sekolah bisnis atau pada jurusan ekonomi dan bisnis, sehingga dengan sendirinya banyak memperoleh ilmu dan teori-teori tentang bagaimana menjalankan sebuah bisnis. Meskipun hanya sebatas teori, akan tetapi hal itu sangatlah penting. Kata orang bijak tidak ada teori tanpa kenyataan (fakta), begitu juga sebaliknya fakta akan menjelaskan sebuah teori. Artinya teori bisnis yang di peroleh dibangku sekolah/kuliah akan memandu praktek bisnis yang Anda lakukan.

Nah, bagaimana jika kebetulan Anda yang mau sukses berbisnis sambil kuliah tetapi belajar bukan pada sekolah bisnis atau juruan ekonomi dan bisnis? Tenang! Anda bisa memperolehnya melalui jalan berikut ini:

Melalui Pelatihan Bisnis

Pelatihan bisnis (business training) adalah salah satu metode yang dilakukan oleh lembaga pengembangan bisnis untuk memberikan pemahaman dan skill dasar bagi mahasiswa yang mau sukses berbisnis sambil kuliah. Saat ini hampir semua perguruan tinggi telah menyelenggarakan seminar dan pelatihan bisnis bagi mahasiswa yang mau sukses berbisnis sambil kuliah sebagai nilai tambah dalam penyelenggaraan pendidikan. Misalnya LP3I memiliki Rumah Entrepreneur sebagai inkubator bisnis yang bertujuan untuk mengembangkan minat dan bakat bisnis yang dimiliki oleh mahasiswanya. Jika Anda ingin mengikuti pelatihan bisnis yang diselenggarakan oleh pihak profesional juga sangatlah mudah. Pelatihan bisnis itu sendiri ada yang sifatnya gratis dan ada juga yang berbayar.

Jika kita menelusuri sejumlah mahasiswa yang saat ini sukses berbisnis sambil kuliah, penulis yakin sekali bahwa salah satu penyebabnya adalah karena mereka telah memiliki ilmu yang memadai tentang bisnis yang digelutinya. Dengan ilmu proses bisnis yang Anda lakukan menjadi lebih terarah dan mampu memenej (manage) dengan baik. Tanpa ilmu Anda hanya akan melakukan kesalahan demi kesalahan. Pada akhirnya tanpa Anda sadari kesalahan fatal yang menyebabkan  hancurnya usaha bakal Anda lakukan.

Maganglah Ditempat Orang Lain

Strategi lain agar Anda mempunyai ilmu bisnis yang cukup saat akan memulai bisnis adalah dengan cara melakukan magang bisnis ditempat orang lain yang bisnisnya sama atau hampir sama dengan bisnis yang bakal Anda laksanakan. Magang berarti terjun secara langsung ke lapangan dan melakukan kegiatan bisnis seperti seharusnya. Strategi ini sangat efektif untuk memperoleh pengalaman bisnis yang baik. Dengan Anda merasakan bagaimana proses bisnis dilakukan dengan seharusnya, maka pengalaman tersebut akan sangat berguna saat Anda menerapkannya pada bisnis Anda. Namun masalahnya adalah untuk menemukan pelaku bisnis yang sama dengan Anda yang sudah terbukti sukses tidak mudah. Jika pun ada di sekitar Anda, untuk diizinkan bermagang diusahanya perlu pendekatan khusus.

Konsultasi Bisnis

Anda memerlukan penasehat dalam proses membangun bisnis yang Anda rintis. Sekalipun Anda memiliki ilmu yang cukup mumpuni, keahlian yang memadai dan mungkin juga punya pengalaman magang yang cukup lama. Namun tetap saja Anda tidak boleh mengabaikan seseorang yang Anda posisikan sebagai penasehat bisnis Anda. Sebagai penasehat tentulah mereka merupakan orang ahli atau pakar.

Dalam menjalankan sebuah bisnis, Anda sudah pasti akan menghadapi berbagai macam masalah dan kendala, baik problem teknis maupun masalah strategis. Peran penasehat bisnis disini adalah mereka akan bertindak seperti halnya seorang pelatih tim sepak bola. Pelatih dapat memberi masukan dan bahkan dapat melihat sesuatu yang Anda tidak mampu melihatnya dalam proses bisnis Anda. Penasehat bisnis profesional saat ini sering disebut konsultan bisnis. Carilah konsultan bisnis yang Anda percayai dan laksanakan nasehatnya. Selalu berkonsultasi jika ada masalah.

Manajemen Waktu

Pengaturan waktu dengan disiplin sangat berperan penting dalam mempengaruhi kesuksesan bisnis dan kuliah Anda sekaligus. Adakalanya waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan bisnis lebih banyak dibandingkan waktu yang diperlukan untuk kuliah. Katakan saja dalam sehari barangkali waktu kuliah hanya beberapa jam saja atau tidak sepanjang hari. Begitu juga dalam seminggu mungkin hanya dibutuhkan beberapa hari saja. Namun dalam mengerjakan bisnis, waktu yang dibutuhkan terkadang bisa sepanjang hari, bahkan setiap hari dalam seminggu dan bisa sampai larut malam. Sangat tergantung pada jenis bisnis apa yang Anda jalankan dan produk serta target pasar apa yang Anda bidik. Kegiatan penjualan pun dilakukan tanpa batas waktu. Namun bagi Anda yang sedang kuliah, Anda bisa mengatur sendiri kapan bisnis mau dibuka dan ditutup. Dengan bantuan seseorang yang Anda percayai untuk membantu sangat menunjang kesuksesan bisnis Anda.

Dalam bagian ini, Anda harus benar-benar mampu membagi waktu dengan baik. Kapan waktu kuliah dan kapan waktu digunakan untuk menjalankan bisnis. Ketegasan Anda terhadap pelaksanaan manajemen waktu yang telah Anda susun menjadi kunci utama kedisiplinan Anda dalam berbisnis dan juga kuliah.

Persoalan Modal

Tidak ada bisnis yang tidak memerlukan modal. Sekalipun Anda seorang agen, reseller atau broker, modal tetaplah dibutuhkan. Modal yang penulis maksud disini adalah bukan hanya uang (financial) tetapi juga non uang (non-financial). 

Untuk usaha start-up atau bisnis baru, mengajukan pinjaman ke pihak bank merupakan suatu yang mustahil dikabulkan. Oleh sebab itu, mau tidak mau Anda harus memiliki tabungan sendiri atau pinjaman dari keluarga sebagai modal awal. Sebab itulah mengapa penulis menyarankan agar memilih bisnis yang tidak membutuhkan modal besar. Selain jika mengalami kegagalan Anda tidak terjadi kerugian besar dan Anda mampu cepat bangkit, namun dengan bisnis yang bisa dilaksanakan dengan modal kecil, maka ide bisnis dapat segera dilaksanakan. Tidak menjadi semakin bertambah panjang daftar ide bisnis yang Anda tulis dalam buku diary bisnis Anda, lalu menjadi barang antik di museum pustaka ide bisnis.

Penulis berpikir dalam hal modal banyak strategi yang bisa Anda tempuh, selain mengandalkan tabungan pribadi, pinjaman dari keluarga bahkan Anda bisa berpatungan (join modal) dengan teman-teman lalu buat konsep bagi hasil.

Akhirnya penulis sangat berharap Anda yang saat ini sedang kuliah dapat juga memulai merintis bisnis kecil-kecilan sehingga kesuksesan dapat Anda raih sebelum Anda di wisuda. Jika ada kemauan, bukanlah hal yang mustahil bahwa sukses berbisnis sambil kuliah akan benar-benar terjadi. selamat mencoba!

 

The following two tabs change content below.

Hamdani

Praktisi Bisnis. Konsultan Profesional Bidang Keuangan dan UKM.

2 Replies to “Cara Sukses Berbisnis Sambil Kuliah”

Tinggalkan Balasan