Cara Mudah Menjadi Wirausaha (Entrepreneur)

Hampir semua orang yang hidup di dunia tidak ingin dalam hidupnya ada masalah, kita semua menginginkan sebuah kehidupan yang lurus-lurus saja, tanpa beban yang amat berat untuk kita tanggung apalagi menanggungnya sampai masa tua.Pengangguran adalah beban dalam kehidupan, bukan hanya beban secara pribadi/individu, keluarga, masyarakat bahkan beban negara. Orang yang sudah memasuki angkatan kerja dan siap untuk bekerja. Akan tetapi tidak adanya kesempatan kerja karena tidak tersedianya lapangan kerja.

Secara ekonomi, individu atau perusahaan-perusahaan merupakan penyumbang pendapatan bagi negara melalui mekanisme Product Domestic Brutto (PDB) atau Gross National Product (GNP) yang dihitung setiap periode berjalan dengan metode tertentu. Pendapatan atau pengeluaran masyarakat dalam suatu negara dihitung dan dicatat sehingga tingkat pendapatan dan pengeluaran rata-rata penduduk pun diketahui, semakin banyak individu dan atau perusahaan menciptakan output maka semakin besar pula potensi tingkat pendapatan rata-rata penduduk dalam negara tersebut. Sebaliknya, individu yang tidak menghasilkan pendapatan bagi dirinya maka secara tidak langsung individu tersebut telah turut mengurangi jumlah pendapatan rata-rata individu lainnya. Dampak negatifnya bukan hanya secara ekonomi akan tetapi secara sosial pun ikut memberikan pengaruh tidak baik, kriminalitas akan terjadi dimana-mana apabila tingkat pengangguran tinggi.

Setiap negara menginginkan angkatan kerjanya tidak menganggur tetapi full employment atau terserap dalam lapangan kerja, namun pada kenyataannya banyak negara tidak mampu menyediakan lapangan kerja bagi semua angkatan kerjanya karena berbagai alasan. Setiap tahun angkatan kerja terus bertambah sementara di sisi lain, lapangan kerja yang tersedia semakin menyempit, tidak ada pembukaan atau penambahan lapangan kerja baru oleh pemerintah. Karena itu mahasiswa yang saat ini sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi dan sedang disiapkan untuk memasuki pasar tenaga kerja sebaiknya tidak terlalu berharap untuk mendapatkan pekerjaan dari pemerintah apalagi menjadi pegawai negeri sipil (PNS) namun jadilah orang atau pihak yang justru menciptakan lapangan kerja dan memberikan pekerjaan bagi orang lain, dengan cara apa? Salah satunya adalah dengan jalan berwirausaha.

Menjadi seorang wirausahawan memang tidak mudah, tidak semudah yang kita bayangkan tetapi juga bukan berarti tidak bisa dilakukan. Wirausahawan sukses membutuhkan persiapan, memerlukan sikap-sikap positif, mental tarung dan perilaku sukses serta pengetahuan yang luas tentang apa yang akan dijalankan, membutuhkan keahlian (skill) secara umum dan kemampuan teknis untuk mengelola seluruh sumber daya yang digunakan dalam menghasilkan output.  Selain itu calon wirausaha juga harus memiliki ide bisnis yang akan dijalankan

Modal utama dan paling penting dalam memulai berwirausaha adalah adanya niat dan kemauan. Segala perbuatan yang  tidak di mulai dengan niat yang baik dan nawaitu yang lurus seringkali tindakan-tindakan yang lakukan kurang serius dan tidak fokus pada arah tujuan atau bahkan karena tanpa ada niat tujuan pun tidak ada. Niat itu menjadi alasan pertama mengapa seseorang memilih atau tidak memilih untuk melakukan satu pekerjaan atau kegiatan tertentu. Impian yang dimiliki oleh setiap orang merupakan manifestasi dari sebuah keinginan kuat yang datangnya secara tulus dari diri seseorang yang kemudian lahir dari hatinya untuk melakukan sesuatu (take action) agar impiannya tercapai. Mungkin saja bahwa niat itu muncul karena dipicu dengan melihat pengalaman-pengalaman sukses orang lain atau peristiwa-peristiwa yang di alami dalam hidupnya dan itu hanya sebagai pencetus saja. Maka milikilah niat dan keyakinan untuk menjadi wirausaha.

Sumber: https://hamdani75.wordpress.com/

The following two tabs change content below.

Hamdani

Praktisi Bisnis. Konsultan Profesional Bidang Keuangan dan UKM.

Tinggalkan Balasan